Santai

Rishi Sunak Jadi Perdana Menteri Inggris Pertama Berkulit Hitam dan Beragama Hindu

Rishi Sunak Jadi Perdana Menteri Inggris Pertama Berkulit Hitam dan Beragama Hindu

MOMSMONEY.ID - Rishi Sunak resmi jadi Perdana Menteri Inggris pada 25 Oktober 2022, menggantikan Liz Truss yang hanya menjabat 45 hari. Rishi Sunak menjadi perdana menteri Inggris pertama yang berkulit hitam dan beragama Hindu.

Menariknya, Rishi Sunak merupakan pria kelahiran Inggris namun memiliki darah India. Rishi Sunak lahor di Southampton pada 12 Mei 1980. Artinya saat ini Rishi Sunak berusia 42 tahun saat menjadi Perdana Menteri. 

Melansir Britannica.com, Pemilihan Rishi Sunak berlangsung cepat setelah pemimpin House of Commons Penny Mordaunt dan mantan Perdana Menteri Boris Johnson keluar dari pertimbangan. Penarikan diri keduanya membuka jalan lebar bagi mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak jadi Perdana Menteri Inggris. Menandai bahwa Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri Inggris pertama yang berkulit warna dan beragama Hindu.

Baca Juga: Sederet Cara Pinjam Pulsa Darurat Telkomsel Tanpa Ribet

Dalam pidato pertamanya, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak meletakkan perbaikan ekonomi sebagai agenda utama dalam pemerintahan. Dia mengatakan fokusnya terletak pada ekonomi Inggris yang stabil dan percaya diri. Berikut fakta menarik mengenai Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak

1. Rishi Sunak merupakan penduduk Inggris keturunan India

Sunak berasal dari keluarga imigran. Kakek dan neneknya merupakan imigran yang berasal dari Punjab,  barat laut India. Ayahnya lahir di Kenya dan ibunya lahir di Tanzania. Ayah dan ibu Rishi Sunak bertemu setelah keduanya migrasi ke Southampton, Inggris Selatan pada tahun 1960. 

Ayah Rishi Sunak bertugas sebagai dokter di Dinas Kesehatan. Sementara ibunya merupakan apoteker yang memiliki bisnis apotek.

2. Rishi Sunak aktif dalam berbagai kegiatan organisasi sejak sekolah

Sunak mengenyam pendidikan di Winchester College, sebuah sekolah swasta yang mencetak sekitar 6 Menteri Keuangan. Di masa sekolahnya ini Rishi Sunak pernah menjadi editor majalah sekolah tersebut. 

Rishi Sunak kemudian melanjutkan kuliah di Lincoln College, Oxford dan fokus belajar filosofi, politik dan ekonomi. Dia juga pernah menjadi Presiden The Oxford Trading & Investment Society. Saat inilah Rishi Sunak pernah magang di Partai Konservatif. 

3. Rishi Sunak pernah bekerja sebagai ekonom

Setelah lulus dari Oxford pada 2001, Sunak menjadi analis di Goldman Sachs hingga tahun 2004. Kemudian dia menerima beasiswa Fulbright dan melanjutkan gelar MBA di Stanford University. Dan kembali ke Inggris pada 2006. Dia kemudian bekerja di bidang hedge fund. 

4. Menikah dengan perempuan berdarah India

Rishi Sunak bertemu dengan istrinya yang bernama Akshata Murthy di Stanford Univeristy. Istri Rishi Sunak merupakan anak dari Narayana Murthy, seorang milyarder dari India dan co-founder perusahaan teknologi Infosys. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tontonan Horor Sekte Sesat dan Ilmu Ghaib, Ada The Medium

5. Memiliki nilai kekayaan sekitar 730 juta poundsterling

Nilai kekayaan Rishi Sunak setara Rp 13 triliun (1 poundsterling = Rp 17.865,77) berdasarka The Sunday Times per tahun 2022. Kekayaan ini berasal dari kesuksesan Rishi di bidang bisnis dan Akshata Murthy di Infosys sebanyak 0,91%.

Demikian informasi mengenai latar belakang Rishi Sunak Perdana Menteri Inggris pertama yang berkulit hitam dan beragama Hindu. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News