HOME, Keluarga

Rambut Jadi Mudah Rusak, Ini 5 Kebiasaan dalam Merawat Rambut yang Harus Anda Hindari

Rambut Jadi Mudah Rusak, Ini 5 Kebiasaan dalam Merawat Rambut yang Harus Anda Hindari

MOMSMONEY.ID - Sama halnya dengan merawat kulit, perawatan rambut juga harus dilakukan dengan cermat. Hal ini dilakukan untuk memastikan rambut tetap sehat dan terlihat paripurna.

Meskipun begitu, masih ada saja kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari merusak rambut dan masih sering dilakukan oleh banyak orang.

Apa sajakah itu? Berikut MomsMoney bagikan 5 kebiasaan dalam merawat rambut yang harus Anda hindari karena bisa membuat rambut menjadi mudah rusak.

Baca Juga: Ingin Menghadirkan Feng Shui Baik di Rumah? Gunakan Tanaman Hias Ini

1. Tidak memangkas rambut secara teratur

Melewatkan waktu untuk memangkas rambut secara teratur akan membuat penampilan rambut Anda jauh dari kata maksimal. Sebaliknya, saat Anda rutin mencukur rambut itu akan memberikan rambut Anda tampilan yang sehat dan lebih tebal. Yang tidak kalah penting, memangkas rambut secara teratur sangat bagus untuk pertumbuhan rambut karena akan menghilangkan bagian yang rusak.

Menurut para ahli rambut, potonglah rambut Anda setidaknya seperempat inci setiap 12 minggu sekali. Dengan begini, penampilan rambut Anda akan semakin meningkat.

2. Melewatkan penggunaan conditioner

Conditioner sangat penting untuk Anda masukkan ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda. Dengan rajin menggunakan conditioner, itu akan melembutkan rambut sekaligus membantu mengembalikan keseimbangan produksi minyak yang telah hilang akibat penggunaan sampo dan faktor lainnya.

Meskipun conditioner biasanya digunakan setelah keramas, namun Anda bisa mencoba untuk mengoleskan conditioner terlebih dahulu jika menginginkan rambut yang terlihat lebih bervolume.

3. Tidak cukup minum air

Tak hanya bagus untuk kulit, minum air putih dengan cukup juga bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda lho Moms. Air telah terbukti sebagai bahan utama yang berkontribusi dalam pertumbuhan rambut.

Nah, apabila tubuh Anda tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka kemungkinan besar rambut akan berhenti untuk tumbuh sepenuhnya.

4. Terlalu sering menyisir rambut

Menyisir rambut perlu dilakukan dengan benar. Kendati menyisir rambut dapat membantu stimulasi kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut, namun para ahli menemukan bahwa terlalu sering menyisir justru akan menyebabkan kerontokan.

Itu sebabnya, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menyisir rambut sebanyak 2 kali saja dalam sehari yakni pada pagi dan malam hari.

5. Tidur dalam kondisi rambut basah

Pasti ada saatnya Anda merasakan kelelahan luar biasa dan ingin segera tidur setelah keramas. Namun, Anda perlu tahu bahwa kebiasaan tersebut bisa sangat merusak rambut Anda secara perlahan.

Rambut yang masih basah cenderung lemah sehingga akan rentan terhadap kerusakan akibat gesekan demi gesekan yang terjadi sewaktu Anda tidur. Selain itu, panasnya kepala dan kelembaban rambut yang masih tinggi juga akan menciptakan bakteri penyebab ketombe apabila Anda tetap memaksakan untuk tidur dengan rambut yang masih basah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News