Santai

Raja Charles III Naik Tahta, Ini Kisah Lady Diana Istri Pertamanya

 Raja Charles III Naik Tahta, Ini Kisah Lady Diana Istri Pertamanya

MOMSMONEY.ID - Nama Lady Diana tak pernah hilang dari ingatan publik. Seluruh dunia sempa dihebohkan dengan kasus perselingkuhan keluarga kerajaan dan meninggalnya Lady Diana, Putri Wales. Kini mantan suaminya, Charles resmi menjadi Raja Inggris dengan gelar nama Raja Charles III. 

Diana, Putri Wales menikah dengan Raja Charles pada 29 Juli 1981. Bersama Raja Charles, Putri yang memiliki nama lengkap iana Frances Spencer ini memiliki dua anak. Anak pertama mereka adalah Pangeran William Arthur Philip Louis dan anak kedua mereka adalah Pangeran Henry Charles Albert David. 

Mengutip Royal.uk, setelah bercerai dengan Raja Charles III, kerajaan Inggris tetap menganggap Putri Diana adalah keluarga kerajaan. Namun, tak lama setelah perceraian Putri Diana meninggal dunia. Diana, Putri Wales meninggal karena kecelakaan di Paris pada 31 Agustus 1997. Meninggalnya Putri Diana membuat publik merasa sedih. 

Baca Juga: Naik Tahta, Bagaimana Peran Raja Charles III dalam Pemerintahan Inggris

Diana, Putri Wales mendapat gelar Lady pada usia 13 tahun

Diana lahir pada 1 Juli 1961, anak kelima dari John Spencer dan Frances Ruth Roche. Ayahnya merupakan keturunan ke-8 dari Earl Spencer yang merupakan salah satu keluarga bangsawan Inggris. Dia tumbuh di tengah keluarga yang bercerai. Pada usia 13 tahun, Diana resmi memiliki gelar Lady setelah kakeknya meninggal dan ayahnya menyandang gelar Earl of Spencer. 

Bertemu dengan Raja Charles di tahun 1977

NULL

Melansir USA Today, Raja Charles bertemu dengan Diana di tahun 1977. Namun pada saat itu Charles mengencani kakak Diana, bernama Sarah. Kemudian di tahun 1980, Charles menyadari kehadiran Diana dan mengajaknya datang ke Balmoral. 

Di tahun 1981, mendiang Pangeran Philip memberi perintah kepada Charles untuk segera melamar Diana atau mengakhiri hubungan mereka. Akhirnya pada 24 Februari 1981 mereka bertunangan, dan menikah pada 29 Juli 1981 saat Diana berusia 2o tahun. Keduanya menikah di Katedral St Paul. 

Isu hadirnya orang ketiga menjadi pemicu perceraian Charles dan Diana

Saat anak kedua mereka lahir, 15 September 1948, Charles komplain kepada Diana. Charles menginginkan anak perempuan dan mempermasalahkan rambut merah Harry. Hal ini membuat Diana menyadari bahwa Charles kembali ke Camilla Parker Bowles, cinta lamanya. 

Diana pernah melakukan konfrontasi langsung kepada Camilla, bahwa dia tahu mengenai perselingkuhan Camilla dengan Charles. Pada Desember 1992, Perdana Menteri John Major mengumumkan perpisahan keduanya. Disusul satu bulan berikutnya beredar rekaman telepon antara Charles dan Camilla. Hingga di akhit tahun 1993, Diana memutuskan mundur dari kehidupan publik. Dan di tahun 1995 terungkap kepada publik pernyataan langsung dari Diana bahwa ada orang ketiga dari pernikahannya. Keduanya lantas resmi bercerai pada Agustus 1996 dan Diana tetap mendapatkankan gelar sebagai Diana Putri Wales. 

Diana menjadi putri yang dicintai rakyatnya

Hal ini didukung oleh sikap Diana menghadapi homofobia dan ketakutan pada AIDS di tahun 1987. Dia bahkan mau berjabat tangan dengan penderitanya tanpa menggunakan sarung tangan di Rumah Sakit Middlesex London. Sikap Diana mematahkan isu bahwa penyakit tersebut menular. 

Baca Juga: Perjalanan Ratu Elizabeth II Hingga Menjadi Pemimpin Kerajaan Inggris

Diana meninggal dalam kecelakaan mobil

Diana dan kekasih barunya Dodi Fayed saat itu berada di Paris, dan dalam perjalanan dari Hotel Ritz Carlton menuju apartemennya. Namun, sopir mereka mabuk dan melaju dengan kecepatan sangat kencang hingga membuat Diana dan kekasihnya meninggal. Diana dinyatakan meninggal pada 31 Agustus 1997 pada pukul 04.00 subuh waktu setempat. Raja Charles menemani jenazah Diana kembali dari Paris dan dimakamkan di Althrop. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News