HOME, Keluarga

Punya Kulit Sensitif? Hindari Serum Wajah yang Mengandung 5 Bahan Ini

Punya Kulit Sensitif? Hindari Serum Wajah yang Mengandung 5 Bahan Ini

MOMSMONEY.ID - Susah-susah gampang, merawat kulit sensitif tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab, metode atau penggunaan produk yang tidak tepat dapat membuat kulit mengalami kemerahan, peradangan, gatal, dan indikasi alergi lainnya.

Oleh sebab itu, Anda yang memiliki kulit sensitif harus benar-benar cermat dalam memilih suatu produk skincare termasuk serum.

Dilansir dari BeBeautiful, ada beberapa kandungan dalam serum yang harus dihindari oleh para pemilik kulit sensitif. Apa sajakah itu? Simak daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: Vaksinasi Beri Perlindungan Hingga 91% dari Kematian, Laju Vaksinasi Dipercepat

1. Retinol

Meskipun memiliki banyak manfaat, retinol mungkin tidak cocok untuk kulit Anda yang sensitif. Pasalnya, retinol dapat menyebabkan iritasi, kekeringan, pengelupasan, dan kemerahan. Alih-alih menggunakan serum retinol, alangkah baiknya Anda mencari serum yang mengandung bakuchiol.

Bakuchiol dapat memicu reseptor yang sama pada kulit Anda sekaligus melakukan fungsi yang sama layaknya retinol dalam meningkatkan produksi kolagen dan pergantian sel, mengontrol jerawat, serta meratakan warna kulit.

2. Salicylic acid

Sama seperti retinol, salicylic acid yang memiliki kemampuan untuk melawan jerawat ini juga dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit yang terlalu sensitif.

Sebagai gantinya, carilah produk serum yang mengandung bahan-bahan lebih lembut seperti azelaic acid, allantoin, atau glycolic acid untuk membantu menangkal jerawat dengan aman.

3. Vitamin E

Siapa sangka bahwa vitamin E juga dapat menyebabkan kemerahan, gatal, ruam, dan sensasi terbakar terutama jika digunakan pada kulit yang sensitif. Dibandingkan kulit harus tersiksa akibat penggunaan vitamin E, alangkah baiknya Anda berinvestasi dalam serum berbasis melatonin sebagai gantinya.

Melatonin akan meningkatkan kemampuan kulit Anda dalam melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, memerangi tanda-tanda penuaan dan polusi, serta melindungi Anda dari radiasi UV.

4. Hydroquinone

Termasuk agen pencerah, hydroquinone dapat mengobati jerawat, pigmentasi, melasma, bintik-bintik, dan bekas jerawat. Di sisi lain, hydroquinone juga bisa menyebabkan gatal, perih, peradangan, dan kemerahan pada kulit terutama jika kulit Anda reaktif.

Saat Anda menggunakan produk yang mengandung hydroquinone di bawah paparan sinar matahari, itu akan membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif dan lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif untuk menghindari hydroquinone dan beralih ke produk yang mengandung bahan pencerah nabati seperti kojic acid.

5. AHA

AHA dikenal dengan kemampuannya untuk memerangi tanda-tanda penuaan dengan cara mendorong pergantian sel, menangkal masalah terkait jerawat, dan mengelupas lapisan kulit paling atas untuk mengungkap kulit baru.

Namun, bahan skincare yang satu ini sebaiknya tidak Anda gunakan jika kulit Anda bertipe sensitif. Hal ini dikarenakan AHA tergolong keras untuk kulit sensitif dan dapat melukai kulit terutama jika Anda menggunakannya pada siang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News