Santai

Punya Kepribadian Introvert Enggak Perlu Ciut, Ini 6 Keistimewaannya

Punya Kepribadian Introvert Enggak Perlu Ciut, Ini 6 Keistimewaannya

MOMSMONEY.ID - Tak banyak yang sadar, berikut ini beberapa keistimewaan dan keuntungan dari memiliki kepribadian introvert 

Memiliki kepribadian introvert tentunya bukan menjadi masalah bagi siapapun, karena setiap kepribadian memiliki keistimewaannya sendiri-sendiri.

Salah satunya adalah kepribadian introvert. Kepribadian yang kerap dianggap pasif dalam lingkungan sosial ini, ternyata merupakan kepribadian yang memiliki beberapa keistimewaan.

Berikut adalah beberapa keistimewaan yang dimiliki kepribadian introvert yang jarang disadari banyak orang:

Baca Juga: Tak Hanya Satu Jenis, Ada 4 Jenis Introvert yang Jarang Diketahui

Pendengar yang baik

Seorang introvert terlahir dengan memiliki kemampuan mendengarkan yang baik.

Melansir dari laman Time, seorang introvert akan cenderung untuk menganalisis atau memproses segala informasi yang mereka terima terlebih dahulu sebelum meresponnya. Hal tersebutlah yang kemudian membuat kaum introvert dikenal sebagai para pendengar yang baik.

Berhati hati

Seorang dengan kepribadian introvert merupakan seseorang yang suka berhati-hati dalam mengambil keputusan ataupun tindakan. Kepribadian ini biasanya tidak pernah gegabah dalam melakukan sesuatu.

Ia selalu berpikir panjang lebih dahulu sebelum bertindak. Sikap hati-hatinya ini juga merupakan sikap waspada agar tidak melakukan kesalahan dalam bertindak maupun mengambil keputusan.

Baca Juga: Apa Itu Introvert? Ini Ciri-ciri dan Penyebab Introvert

Observant

Selain menjadi pendengar yang baik, kaum introvert juga dikenal sebagai kepribadian observant. Kepribadian ini membuat para introvert menjadi seseorang yang analitis serta bisa membaca keadaan.

Kaum introvert juga dibekali dengan keuntungan ini yang membuat mereka bisa memperhatikan kualitas diri, bahasa tubuh dan raut wajah orang lain dibandingkan ekstrovert.

Itulah yang akhirnya membuat orang lain menjadi lebih nyaman untuk berada di samping para introvert.

Pemimpin yang baik

Laman Walden University menyatakan bahwa seorang introvert bisa menjadi pemimpin yang baik. Kaum introvert cenderung bisa mengayomi dan mendengarkan karyawan maupun timnya.

Selain itu mereka juga bisa mengajak banyak orang untuk berkontribusi penuh dalam beberapa hal termasuk di dunia kerja.

Di sisi lain, introvert juga merupakan pendengar yang baik, sehingga kepribadian ini tentunya dapat membantu terciptanya banyak ide dan potensi yang dimiliki karyawan maupun timnya.

Baca Juga: Suka Liburan Sendiri? Ternyata Ini 5 Keuntungan Solo Traveling yang Jarang Disadari

Pertemanan yang berkualitas

Seorang dengan kepribadian introvert cenderung memiliki pertemanan yang terbatas namun berkualitas. Mereka dengan kepribadian ini tidak mudah menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain yang tidak sesuai dengan kepribadiannya.

Mereka cenderung lebih berhati-hati dalam memilih teman maupun pertemanan, agar tidak terjebak dalam pertemanan yang toxic dan penuh dengan drama.

Tidak bergantung dengan orang lain

Seorang introvert biasanya lebih nyaman untuk melakukan segala hal sendirian. Mereka cenderung lebih mandiri dan tidak suka menyulitkan orang lain selama ia masih bisa melakukan pekerjaan tersebut.

Selain itu mereka juga bisa menyelesaikan segala sesuatu dengan baik walaupun harus mengerjakannya dengan seorang diri saja.

Wah ternyata banyak, ya. Tanpa disadari itulah tadi beberapa keuntungan dari kepribadian introvert.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News