Santai

Tak Hanya Satu Jenis, Ada 4 Jenis Introvert yang Jarang Diketahui

Tak Hanya Satu Jenis, Ada 4 Jenis Introvert yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum? Tak hanya ada satu jenis kepribadian introvert lo.

Introvert merupakan sebuah kepribadian yang dikenal pendiam dan cenderung pasif.

Namun, sebenarnya introvert memiliki 4 tipe umum yang membedakan kepribadian ini berdasarkan ciri khasnya.

Berikut ini adalah penjelasan 4 jenis introvert yang umum ditemukan, menurut penelitian yang dilakukan oleh psikologis Jennifer Grimes, Jonathan Cheek, dan Julie Norem.

Baca Juga: Suka Liburan Sendiri? Ternyata Ini 5 Keuntungan Solo Traveling yang Jarang Disadari

Thinking introvert

Seorang dengan kepribadian thinking introvert memiliki kecerdasan alami, kreatif, dan merupakan seorang pemikir. Mereka suka menghabiskan waktu untuk berpikir tentang suatu hal yang bisa tetap membuat mereka kreatif dan imajinatif.

Thinking introvert memiliki self awareness yang tinggi dan memiliki sifat introspektif. Mereka juga cenderung sering meminta waktu untuk memikirkan sesuatu sebelum membuat keputusan atau merespons suatu pertanyaan.

Restrained introvert

Introvert jenis ini merupakan orang yang sangat tertutup kepada orang yang belum mereka kenal. Namun, seiring berjalannya waktu, jika mereka merasa nyaman maka mereka akan membuka diri dan menjadi diri mereka sendiri.

Restrained introvert adalah seorang yang menyukai pergerakan kecil dalam hidupnya dan menyukai hal hal yang tidak terprediksi.

Dalam hal berhubungan, introvert jenis ini cenderung lebih suka memendam perasaannya hingga ia merasa nyaman untuk bercerita walaupun dengan pasangannya sendiri.

Baca Juga: 6 Website Ini Sediakan Tes Psikologi dan Kepribadian Gratis, Coba yuk

Social introvert

Mengutip dari laman Web MD, social introvert merupakan jenis introvert yang klasik. Social introvert menyukai circle pertemanan yang kecil dan lebih memilih berada dalam kelompok kecil dibandingkan dengan keramaian.

Bukan karena pemalu, namun social introvert lebih nyaman untuk berada dalam circle kecil bahkan sendirian. Dalam sebuah hubungan, social introvert akan selalu meminta waktu sendiri untuk me-recharge kembali diri mereka.

Anxious introvert

Introvert yang masuk dalam jenis ini lebih menyukai kesendirian dan mudah merasa canggung jika berada dalam lingkungan banyak orang. Introvert jenis ini mudah merasa cemas lantaran suka merenungkan sebuah pembicaraan yang dialaminya bersama lawan bicaranya.

Mereka yang masuk dalam jenis introvert ini juga lebih memilih untuk menghindari banyak acara sosial.

Dalam hal berhubungan, anxious introvert akan lebih memilih melakukan kegiatan yang membuatnya merasa nyaman. Kencan buta atau speed dating juga bukanlah hal yang menarik bagi mereka.

Menarik, kan? Itulah tadi beragam jenis kepribadian introvert dan ciri khasnya. Anda masuk kategori mana, nih?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News