Keluarga

Potongan Daging yang Paling Enak untuk Bikin BBQ di Momen Idul Adha

Potongan Daging yang Paling Enak untuk Bikin BBQ di Momen Idul Adha

MOMSMONEY.ID - Momen Idul Adha adalah momen paling pas untuk buat hidangan BBQ dari daging kurban. Daging-daging ini akan terasa semakin nikmat dengan olesan saus barbekyu yang asam, gurih, dan sedikit pedas.

Namun sebelumnya, Moms harus tahu potongan daging mana sajakah yang paling enak untuk bikin BBQ.

Melansir dari Mashed, DKPP Prov. Jabar dan Taste of Home, berikut simak artikelnya!

Baca Juga: Aneka Inspirasi Masakan Daging untuk Momen Idul Adha

Daging iga

Daging iga atau ribeye adalah daging yang diambil pada bagian tulang rusuk/iga. Daging iga ini memiliki rasa sangat enak, berlemak, dan super lembut sehingga cocok dijadikan masakan apapun, termasuk BBQ.

Daging iga merupakan salah satu bagian daging yang harganya cukup mahal.

Kualitas daging iga ini bergantung pada marbling atau guratan putih pada daging yang membentuk pola marmer. Semakin banyak marbling, semakin lembut daging dan meleleh ketika dimasak.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Saus BBQ Murah dan Lezat untuk Olahan Daging Kurban

BBQ

Baca Juga: Resep Tumis Daging Kecap Paprika, Nikmat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Has dalam

Has dalam atau tenderloin menjadi potongan selanjutnya yang disukai dan pas untuk dijadikan menu BBQ. Has dalam memiliki daging paling empuk dan sangat digemari.

Pada bagian has dalam, terdapat Filet mignon yang merupakan potongan daging termahal dan sangat lembut. Filet mignon berada pada bagian paling ujung dari potongan lancip tenderloin yang menjorok ke bagian Short Loin pada tubuh sapi.

Baca Juga: Resep Beef Enoki Roll, Bumbunya Pakai Saus Tiram dan Saus Teriyaki

Sandung lamur

Sandung lamur atau brisket juga menjadi potongan daging paling enak untuk dijadikan BBQ.

Sandung lamur ini letaknya ada pada bagian dada bawah sekitar ketiak sapi. Lemaknya yang banyak membuat sandung lamur menjadi potongan favorit untuk dijadikan sup karena kaldunya yang super gurih.

Untuk dijadikan hidangan BBQ yang lezat, ada baiknya Anda memarinasi sandung lamur terlebih dahulu agar bumbunya lebih meresap.

Baca Juga: 4 Jenis Saus Masakan yang Cocok untuk Berbagai Jenis Hidangan

T-Bone

T-bone merupakan daging yang dipotong dari bagian depan short loin pada sapi jantan. Daging T-bone merupakan bagian daging yang rasanya enak dan tentunya memiliki tekstur yang baik.

Menurut Wikipedia, disebut dengan T-Bone karena bentuk tulangnya yang menyerupai huruf T. Pada bagian ini, daging yang paling besar diperoleh dari bagian has luar, sedangkan yang kecil dari has dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News