Santai

Pori-Pori Besar? Kenali Penyebab dan Tips Mengecilkannya Berikut Ini

Pori-Pori Besar? Kenali Penyebab dan Tips Mengecilkannya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Moms, ternyata ada beberapa penyebab mengapa pori-pori wajah terlihat besar. Berikut ini beberapa penyebab dan tips untuk menyamarkannya.

Pori-pori adalah ruang pada kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak dan keringat. Besar atau kecilnya pori-pori tak bisa dikontrol namun ternyata dapat dikurangi tampilannya.

Permasalahan pori-pori besar menjadi permasalahan utama yang kerap dialami wanita. Skincare yang memiliki manfaat untuk menyamarkan pori-pori akan menjadi pilihan wanita yang memiliki masalah pada pori-porinya.

Baca Juga: Apa Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan? Ini 5 Manfaatnya Bagi Tubuh

Namun, perawatan dan penggunaan skincare tidak akan efektif jika tidak mengetahui dengan pasti penyebab pori-pori besar.

Berikut adalah beberapa penyebab pori-pori tampak besar dan tips untuk menyamarkannya:

Umur

Semakin bertambahnya umur, kulit juga akan kehilangan kekencangannya. Kulit yang semakin kendur ternyata membuat tampilan pori-pori terlihat besar.

Laman Dermatology Center menjelaskan, seiring pertambahan usia, kulit akan mengalami penebalan yang membuat sel-sel kecil berkumpul di pori-pori dan membuat tampilan pori-pori semakin besar.

Menjaga kekencangan kulit baiknya dilakukan sebelum kulit mengalami kekenduran seiring dengan pertambahan usia.

Menggunakan produk yang berfokus untuk memperbaiki tekstur kulit dan mengencangkan kulit akan sangat bermanfaat untuk mengurangi tampilan pori-pori besar.

Baca Juga: Moms, Mulai Rutin Konsumsi 4 Makanan Ini Yuk biar Kulit Bisa Glowing

Kulit kering

Kulit yang kering atau kurang terhidrasi juga dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya hidrasi atau kelembaban kulit yang membuat tampilan pori-pori akan semakin terlihat.

Tentu saja, cara paling tepat adalah dengan menggunakan produk pelembab untuk kulit kering. Tujuannya agar pori-pori tidak memproduksi banyak sebum atau minyak yang menyebabkan pori-pori membesar serta untuk melembabkan kulit.

Tersumbat kotoran

Hal ini adalah penyebab paling umum yang dapat menyebabkan pori-pori membesar. Tersumbatnya pori-pori dengan kotoran yang menumpuk dari sisa make up atau debu akan membuat kulit susah bernafas.

Selain itu, kulit juga akan kesulitan untuk mengeluarkan sebum atau minyak natural yang diproduksi untuk melembabkan kulit.

Laman Health Shots menjelaskan, pori-pori yang tersumbat oleh kotoran akan menumpuk sisa kulit mati yang menyebabkan pori-pori tampak lebih besar dari biasanya.

Cara yang dapat dilakukan untuk permasalahan ini adalah dengan rajin exfoliasi atau membersihkan kulit dari sisa kulit mati.

Jika sudah mengetahui penyebab pori-pori besar, maka coba untuk gunakan skincare yang tepat untuk mengurangi tampilannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News