CLOSE [X]
ads

Ponsel Anak Tak Perlu Diasuransikan

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Jumat, 05 November 2021 | 07:33 WIB
Ponsel Anak Tak Perlu Diasuransikan

ILUSTRASI. Ponsel anak tak perlu diasuransikan karena penggunaannya termasuk risiko ringan. lebih baik ajarkan anak tanggung jawab dengan ponselnya.


MOMSMONEY.ID -  Kegiatan   belajar dari rumah membuat orangtua terpaksa membelikan anak ponsel untuk mendukukung kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh. Namun, terkadang anak-anak tidak menjaga ponselnya dengan baik. 

Saran Mike Rini, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi, ponsel anak tidak perlu diasuransikan walaupun anak memiliki resiko tinggi merusaknya karena kecerobohan. 

"Penggunaan smarthphone pada anak termasuk intensitas rendah. Karena biasanya hanya untuk belajar online, sehingga tak perlu diasuransikan," ungkap Mike.

Baca Juga: Asuransi Smartphone Bisa Picu Pemborosan

Lagipula, orangtua seharusnya mengajarkan anaknya untuk bertanggungjawab dengan ponsel yang dimiliki. Diajari caranya menjaga dan membatasi penggunaannya.

Sedangkan jika ponsel anak diasuransikan, maka anak dan orangtua akan cenderung membiarkan alat komunikasi itu digunakan sembarangan. Alhasil, tetap menjadi boros jika nanti rusak bahkan harus membeli yang baru lagi.

Mike berpendapat jika anak masih satu, mungkin tak masalah mengasuransikan ponsel anak. "Kalau uang pas-pasan, anaknya tiga, kan akan boros jika mengasuransikan tiga ponsel anak," kata Mike.

Selanjutnya: Cermati: 151 Aplikasi Android Bisa Diam-Diam Menyedot Uang Anda

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru