HOME, Santai

Cermati: 151 Aplikasi Android Bisa Diam-Diam Menyedot Uang Anda

Cermati: 151 Aplikasi Android Bisa Diam-Diam Menyedot Uang Anda

MOMSMONEY.ID - Sebagai pengguna ponsel Android, sebaiknya Anda mewaspadai 151 ini. Pasalnya, tanpa sepengetahuan Anda, mereka dapat menyedot uang penggunanya. Meskipun sebagian besar telah dihapus dari Google Play, pastikan cek HP Anda apakah masih terpasang aplikasi yang merugikan penggunanya ini.

Tahukah Anda, baru-baru ini dikabarkan beredar 151 aplikasi Android yang dapat menyedot uang penggunanya tanpa disadari. Mengutip dari PCMag, BGR melaporkan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang software atau perangkat lunak keamanan, yakni Avast menemukan penipuan SMS yang berasal dari aplikasi di Play Store.

SMS penipuan tersebut disebut sebagai UltimaSMS yang didistribusikan lewat beberapa aplikasi palsu yang tersebar di Play Store. Bila ditotal, Avast telah menemukan setidaknya 151 aplikasi yang melakukan kampanye penipuan. 

Pihak Avast sendiri telah mengumpulkan daftar aplikasi tersebut lewat sebuah dokumen yang dipublikasikan lewat Github. Diketahui, peretas yakni mendaftarkan para korban untuk sebuah layanan SMS yang mahal dan menyedot uang dari akun mobile banking milik si korban.

Sekilas, beberapa nama aplikasi yang terdapat di Play Store tidak terlihat aneh sehingga dapat menjebak para korban dengan mudah.

Bila si korban telah tergiur dan download aplikasi yang menipu ini, peretas dapat memeriksa lokasi HP, IMEI, dan nomor untuk mendapatkan negara asal si korban. Bahkan, saat pertama kali membuka aplikasi tersebut, korban diharuskan mengisi nomor telepon atau email.

NULL

Tidak heran, sang peretas bisa mendapatkan informasi yang cukup krusial dari para korbannya tersebut.

Dikutip dari PCMag, beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah keyboard virtual tambahan, scan kode QR, editor video dan foto, pemblokir panggilan spam, filter kamera, dan game. Namun pada akhirnya, aplikasi tersebut akan mendaftarkan penggunanya untuk berlangganan layanan SMS premium yang menyedot uang korban.

Apabila si korban telah mendapatkan SMS premium tanpa mereka sadari, mereka akan dikenai biaya sebesar $40 (sekitar Rp 500-ribuan) per bulan. Itu dapat memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan apabila pengguna tidak menyadari.

Mirisnya, dari 151 aplikasi yang menipu ini telah diunduh lebih dari 10,5 juta kali di lebih dari 80 negara berbeda.

Cara untuk menghindari langganan SMS tersebut yakni dengan menghapus beberapa aplikasi mencurigakan yang mungkin bersarang di HP Android Anda. Sealin itu, Anda dapat melaporkan ke operator seluler Anda untuk menonaktifkan opsi SMS premium.

Bagi Anda pengguna HP Android, perlu diperhatikan ketika ingin download aplikasi tertentu di toko aplikasi. Meskipun Google Play Store cukup ketat, namun tidak menutup kemungkinan beberapa aplikasi yang menipu kerap kali ditemukan.

Perhatikan pula rating aplikasi Android yang ingin Anda download, dan juga baca beberapa review. Apabila terlihat mencurigakan, jangan download aplikasi Android tersebut.

Selanjutnya: Apakah WhatsApp lenyap dari HP Anda bulan November? Berikut cara cek versi Android

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News