ads

Pilih Punya Paylater atau Tetap Kartu Kredit? Simak Perbedaannya

Reporter: Lidya Yuniartha
Senin, 27 Juni 2022 | 19:50 WIB
Pilih Punya Paylater atau Tetap Kartu Kredit? Simak Perbedaannya


MOMSMONEY.ID - Transaksi tanpa uang tunai (cashless) semakin sering diterapkan saat ini, apalagi di tengah perkembangan teknologi yang pesat. Metode pembayaran pun semakin bertambah. Salah satunya ada paylater, yang mungkin sudah akrab di telinga.

Paylater adalah layanan pembayaran dengan skema tunda bayar atau buy now, pay later. Bila diperhatikan, metode pembayaran ini mirip dengan kartu kredit.

Lantas, apa perbedaan paylater dengan kartu kredit? Dirangkum dari berbagai sumber, ini perbedaan keduanya:

Persyaratan dan ketentuan pembuatan kartu kredit terbilang cukup banyak. Untuk membuatnya terdapat beberapa dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, NPWP, Slip gaji/mutasi rekening 3 bulan terakhir, ada juga penghasilan mininum yang harus dipenuhi dan usia minimum pemegang kartu.

Baca Juga: IHSG Ditutup Tergelincir 0,38% ke Level 7.016 pada Senin (27/6). Bagaimana Besok?

Sementara, seseorang bisa mengaktifkan paylater bila merupakan pengguna aplikasi fintech/e-commerce yang menyedoakan layanan ini. Selanjutnya akan dibutuhkan KTP untuk memprosesnya. Biasanya, pemohon paylater akan diminta untuk menggunggah foto KTP, selfie hingga selfie dengan KTP.

Limit pembiayaan yang diberikan paylater biasanya lebih sedikit dibandingkan limit kartu kredit. Namun, biasanya, limit paylater ini bisa dinaikkan apabila transaksinya baik atau pembayaran dilakukan dengan disiplin.

Kartu kredit biasanya bisa digunakan di berbagai toko/merchant baik secara online maupun offline. Sementara, paylater terbatas penggunaannya. Paylater biasanya hanya bisa digunakan di e-commerce penyedia atau yang bekerja sama dengan paylater tersebut atau platform tertentu.

Untuk bunga, berdasaran aturaan Bank Indonesia, batas maksimum bunga kartu kredit adalah sebesar 1,75%. Sementara itu, bunga paylater beragam. Ini tergantung pada penyedia layanan paylater. Ada yang sudah menetakan limit tertentu per bulan, ada juga yang menetapkan biaya sesuai dengan besaran limit pimbayaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Lidya Yuniartha

Terbaru
TERPOPULER