HOME, Santai

Pilih Minum Kopi yang Mana? Ini Perbedaan Americano, Long Black, dan Kopi Tubruk

Pilih Minum Kopi yang Mana? Ini Perbedaan Americano, Long Black, dan Kopi Tubruk

MOMSMONEY.ID - Minum kopi di pagi hari, kini telah menjadi kebiasaan baru yang dilakukan banyak orang di negeri ini. Tak hanya kaum usia lanjut, minum kopi di pagi hari juga biasa dilakukan para kawula muda.

Menyeruput kopi hitam yang pekat dan rasa yang menyegarkan akan menjadi pilihan tepat untuk memulai hari.

Pilihan untuk menikmati seteguk kopi Americano, Long Black, maupun Kopi Tubruk bisa menjadi salah satu alternatif pilihannya.

Namun, tentu saja, ketiga varian kopi tersebut memiliki perbedaan dalam hal cita rasa dan tampilannya. Nah, apa saja perbedaan dari ketiga varian kopi tersebut? simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Anda Gemar Minum Kopi? Simak Sejarah Penyebaran Kopi di Dunia

Americano

Americano adalah minuman populer masa kini, yang juga kerap digunakan sebagai menu diet. Menurut sejarah yang diungkapkan oleh laman Bean Poet, Americano adalah minuman kopi ala orang Amerika yang dikonsumsi pada masa Perang Dunia Kedua di Italy.

Banyak orang Amerika kurang menyukai rasa strong dari espresso. Karena itu, espresso disajikan dengan ditambahkan campuran air untuk membuatnya menjadi Americano.

Biasanya minuman ini disajikan tanpa menambahkan pemanis apa pun selain air. Sehingga rasa espresso yang cenderung bitter atau pahit dapat sedikit tersamarkan melalui minuman ini.

Long black

Long black juga merupakan varian minuman kopi yang hampir memiliki kesamaan dengan Americano. Kopi ini juga merupakan minuman yang menggunakan espresso sebagai base minumannya.

Baca Juga: Kapan Waktu Sikat Gigi yang Tepat? Berikut Ini Jawabannya

Melansir dari laman Coffee Affection, Long black merupakan minuman kopi hitam yang pertama kali diperkenalkan di Australia. Yang membedakan adalah konsistensi dan cara pembuatan dari minuman ini saja.

Yang pertama, harus disiapkan untuk membuat Long black adalah air dalam gelas yang kemudian ditambahkan espresso setelahnya.

Hal itulah yang membuat crema dari espresso masih terlihat di atas dan membuat rasanya lebih kuat dibandingkan dengan Americano.

Kopi Tubruk

Bagi orang orang tua dan telah berumur, tentunya menikmati kopi tubruk merupakan kegiatan wajib yang dilakukan pagi maupun sore.

Kopi tubruk merupakan minumak asal Indonesia yang disajikan dalam bentuk kopi hitam beserta dengan ampas kopinya.

Perbedaan signifikan dari kedua minuman kopi di atas dan kopi tubruk adalah baik Americano maupun Long Black dapat disajikan dalam bentuk minuman dingin.

Hal tersebut dikarenakan Americano dan Long black merupakan minuman jenis kopi hitam yang menggunakan espresso based, sehingga ampas kopi tidak akan ditemukan pada minuman tersebut.

Sedangkan kopi tubruk menggunakan bubuk kopi yang kemudian di seduh dengan air panas. Gula atau pemanis pun juga kerap ditambahkan pada minuman ini.

Tentu saja, agar rasa pahit dari bubuk kopi dapat diseimbangkan dengan rasa manis dari gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News