AturUang

Pernah Utang untuk Biaya Sekolah? Simak Plus Minusnya

Pernah Utang untuk Biaya Sekolah? Simak Plus Minusnya

MOMSMONEY.ID -  Setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Namun, banyak orang tua yang justru tidak memiliki dana yang cukup untuk bisa menyekolahkan anaknya sesuai harapan. 

Pinjaman buat  pendidikan bisa menjadi salah satu solusi untuk menutupi biaya pendidikan. Baik itu yang ditawarkan oleh perbankan maupun ditawarkan oleh pinjaman-pinjaman tanpa agunan dari platform online. 

Meskipun kelihatannya menarik, Budi Raharjo, perencana keuangan Oneshildt, mengatakan, ada beberapa hal terkait dengan pinjaman ini yang perlu diperhatikan agar keuangan tidak terbebani setelah mengambil pinjaman. 

Baca Juga: Pilih Pinjol atau Perbankan untuk Pinjaman Pendidikan? Simak Tipsnya

Pertama, adanya kepastian penghasilan dan kemampuan untuk membayar kembali cicilan. Jangan melakukan pinjaman dengan tidak adanya kepastian dan kestabilan penghasilan.

"Kemampuan di sini berarti kemampuan untuk membayar cicilan di luar kemampuan juga untuk memenuhi kebutuhan hidup," ujar Budi. 

Lantas, perhatikan biaya-biaya total dari pinjaman. Baik tingkat bunga maupun biaya lain, seperti biaya administrasi, asuransi, dan lain sebagainya.

"Dan biasanya, biaya ini akan semakin membengkak dengan semakin panjangnya tenor pinjaman. Jadi sebaiknya tenor pinjaman tidak terlalu panjang," ujar Budi.

Makanya perlu atur prioritas dan urgensi pengambilan pinjaman. Jika ternyata penghasilan tidak pasti, maka tidak dianjurkan mengambil pinjaman. Lebih baik menunda sedikit waktu dengan mengumpulkan dana pendidikan yang diperlukan daripada terlalu memaksakan diri untuk mengambil pinjaman.     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News