HOME, AturUang

Pilih Pinjol atau Perbankan untuk Pinjaman Pendidikan? Simak Tipsnya

Pilih Pinjol atau Perbankan untuk Pinjaman Pendidikan? Simak Tipsnya

MOMSMONEY.ID - Pinjaman pendidikan kian beragam. Walau seharusnya sebagai orang tua harus menyiapkan dana pendidikan jauh-jauh hari, meminjam untuk dana pendidikan tetap boleh dilakukan. Tentunya dengan berbagai syarat.

Nah Moms, sudah tahukah bahwa ada pinjaman pendidikan dari perbankan dan juga pinjaman online alias pinjol? Lalu, harus pilih yang mana jika memang benar-benar membutuhkan pinjaman pendidikan?

Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) bilang Anda tidak perlu membedakan produk kredit tanpa agunan (KTA) pendidikan dan pinjol. Yang penting Anda perlu memiliki kriteria untuk memilih produk pinjamannya.

Pertama, pilih yang biaya bunganya rendah. Bunga pinjaman adalah biaya yang harus dibayar oleh peminjam. 

"Bunga yang tinggi akan membuat cicilan besar dan ini menyulitkan dalam pelunasannya. Oleh karena itu, usahakan mendapatkan bunga yang terendah," kata Eko. 

Cara mendapatkan bunga rendah adalah membuat  lis atau daftar produk pinjaman apa saja yang akan diteliti, baik produk KTA bank dan produk pinjol. Lantas, pilih produk pinjaman yang khusus untuk program dana pendidikan.

Selanjutnya, "Mintalah contoh simulasi pinjaman dari setiap produk yang Anda lis tadi. Misalnya jika Anda pinjam Rp 10 juta dengan tenor 24 bulan, berapa cicilan per bulannya," kata Eko. 

Setelahnya, menghitung bunga efektifnya (per bulan atau per annum). Bunga yang tampilkan oleh pemberi pinjaman biasanya bunga flat per bulan, maka Anda perlu mengkonversinya menjadi bunga efektif.

"Kalau Anda belum bisa mengkonversi dari bunga flat menjadi bunga efektif, mintakan saja pada pemberi pinjaman untuk bantu menghitung," ujar Eko. 

Pesan Eko, jangan terkecoh dengan iming-iming atau promo bunga rendah. Selalu periksa sendiri bunga efektifnya. Selain itu, perhatikan pula risiko jika pembayaran terlambat atau macet. Dan yang tidak kalah penting, kemudahan peminjam.                           

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News