Santai

Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Tonton 5 Film Kesehatan Mental Ini

Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Tonton 5 Film Kesehatan Mental Ini

MOMSMONEY.ID - Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, berikut ini beberapa rekomendasi film tentang kesehatan mental yang bisa Anda tonton.

Beberapa penyakit mental memang kerap digunakan sebagai alur cerita dalam sebuah film. Perpaduan antara plot yang menceritakan seperti apa kesehatan mental dan thriller, genre ini sukses dalam menciptakan pengalaman menonton film yang tidak mudah dilupakan.

Ini dia 5 film dengan tema kesehatan mental yang bisa ditonton untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia:

Baca Juga: Daftar 5 Film Horor Indonesia Terbaru! Segera Tayang di Bioskop Oktober Ini!

The Perks of Being a Wallflower

Film yang diangkat dari buku penulis ternama Stephen Chbosky ini menceritakan kehidupan remaja bernama Charlie yang mengalami PTSD atau post traumatic stress disorder.

Penyebabnya, trauma yang dia hadapi setelah teman baiknya meninggal karena bunuh diri. Penderita gangguan ini dapat dengan mudah terpicu karena ada flashback, mimpi buruk, dan kecemasan.

Film yang dibintangi oleh artis ternama seperti Emma Watson, Logan Lerman, dan Ezra Miller ini mendapat rating 7.9/10 dari imdb.

Black Swan              

Dibintangi oleh bintang Hollywood ternama seperti Natalie Portman, Mila Kunis, dan Winona Ryder, film ini mengangkat cerita seorang balerina yang menderita anxiety disorder.

Beberapa tindakan seperti menyakiti diri sendiri dan bahkan gangguan seperti eating disorder juga ditunjukkan dalam film ini.

Film ini mendapat rating tinggi dari imdb 8/10 karena berhasil menampilkan bagaimana struggle yang harus dihadapi seseorang dengan beberapa gangguan mental karena trauma yang dialami di masa lalunya.

Baca Juga: Tak Hanya Trauma, Ini 4 Dampak KDRT bagi Anak-Anak

Split

Bergenre horror dan thriller, film yang memperoleh rating 7.3/10 dari imdb ini menampilkan cerita tentang seorang dengan dissociative identity disorder (DID).

DID, menurut Wikipedia, adalah gangguan mental yang ditandai dengan ada dua atau lebih status kepribadian yang berbeda dalam satu orang.

Film ini menceritakan Kevin yang memiliki 23 kepribadian, menculik 3 remaja yang kemudian mereka harus berupaya menemukan kepribadian asli Kevin sebelum kepribadiannya yang ke 24 terungkap.

All the Bright Places

Film ini menceritakan tentang dua orang remaja yang bertemu lalu berusaha untuk struggle dengan sisi emosional dan luka-luka masa lalu yang mereka miliki. Gangguan bipolar menjadi perhatian utama yang ingin ditampilkan pada film yang dibintangi oleh Elle Fanning, Jusice Smith, dan Felix Mallard ini.

National Alliance on Mental Illness atau NAMI menjelaskan, gangguan bipolar adalah suatu gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati, energi, bahkan kemampuan untuk berpikir jernih yang terjadi mulai dari terendah hingga tertinggi.

The Edge of Seventeen

Social anxiety menjadi cerita yang ditampilkan dalam film yang mendapat rating 7.3/10 dari imdb ini. Dalam film yang dibintangi oleh Hailee Steinfeld ini bercerita bagaimana susahnya menjalani kehidupan sebagai remaja.

Dari mulai susahnya bersosialisasi, berteman, hingga bergaul menjadi permasalahan kompleks yang kerap dihadapi remaja. Cerita ini dianggap fresh dan baru karena sikap berani untuk menampilkan bagaimana kehidupan real remaja pada usia-usia rentan.

Itu tadi adalah beberapa rekomendasi film tentang kesehatan mental yang bisa ditonton untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News