Perhatikan! Ini Ciri dan Tanda Tempat Kerja yang Toxic, Jangan Terjebak Ya!

Reporter: Christ Penthatesia
Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:05 WIB
Perhatikan! Ini Ciri dan Tanda Tempat Kerja yang Toxic, Jangan Terjebak Ya!


MOMSMONEY.ID - Kenyamanan pegawai di suatu tempat kerja tentunya juga didasari dari faktor lingkungan tempat kerja tersebut.

Jika tempat kerja merupakan tempat yang toxic, maka kenyamanan dan perkembangan karier pekerjanya juga bisa terhalangi.
 
Bagi para pekerja, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa tanda tempat kerja yang toxic berikut ini.
 
 
Tidak adanya work life balance
 
Keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan personal merupakan hal yang penting diperhatikan oleh para pekerja. Banyak para pekerja masa kini yang kesusahan untuk menikmati waktu libur dan meninggalkan tempat kerja tepat waktu.
 
Laman Glassdoor menjelaskan bahwa jika seorang pekerja kerap menghabiskan banyak waktu di tempat kerja dengan lembut, maka hal tersebut bisa menjadi indikasi kurangnya work life balance.
 
Kurangnya penghargaan
 
Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang juga bisa menghargai para pekerjanya. Biasanya tempat kerja yang toxic kurang bisa menghargai para pekerjanya dengan beragam cara.
 
Seperti salah satunya adalah dengan cara tidak dianggap ketika memberikan masukan, sering merasa diacuhkan di tempat kerja, atau dengan memberikan banyak pekerjaan tanpa memberikan penghargaan yang sepadan.
 
 
Komunikasi buruk
 
Kurangnya komunikasi atau komunikasi yang buruk menurut laman Top Resume juga merupakan sebuah tanda tempat kerja toxic.
 
Kemampuan untuk berkomunikasi antar pekerja dan juga atasan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Terutama jika terkait dengan sistem kerja, masukan, atau pun dalam hal penghargaan kerja.
 
Persaingan antar pekerja
 
Hal yang satu ini adalah tanda utama yang menandakan sebuah tempat kerja toxic. Persaingan antar pekerja merupakan sebuah hal yang wajar jika dilakukan dengan positif.
 
Namun jika persaingan tersebut dilakukan dengan cara yang tidak sehat hingga merugikan pekerja lainnya, maka tempat kerja tersebut memiliki lingkungan kerja yang tidak sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER