HOME, Santai

Perhatikan Ini 3 Efek Samping Berhubungan Intim dengan Pasangan Saat Haid!

Perhatikan Ini 3 Efek Samping Berhubungan Intim dengan Pasangan Saat Haid!

MOMSMONEY.ID - Berhubungan intim merupakan hal yang wajar dilakukan bagi pasangan suami istri. Namun, keinginan untuk berhubungan seks dengan pasangan biasanya dapat terhalang karena menstruasi yang dialami perempuan.

Selama masa menstruasi, kegiatan seksual bersama pasangan tentunya akan semakin berkurang. Padahal, melakukan seks saat menstruasi merupakan hal yang aman dan masih bisa dilakukan saat pasangan sedang menstruasi.

Baca Juga: Tiga Channel Youtube Olahraga Versi Indonesia Ini Bisa Dicoba untuk Latihan di Rumah

Walaupun memiliki segudang manfaat baik, namun melakukan hubungan seks dengan pasangan saat menstruasi juga memiliki dampak yang buruk. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Infeksi menular seksual

Laman Health Line menjelaskan bahwa salah satu dampak utama yang perlu disadari saat melakukan hubungan intim dengan pasangan yang sedang menstruasi, adalah adanya kemungkinan terkena infeksi menular seksual.

Virus HIV dan Hepatitis merupakan virus yang “tinggal” di darah dan dapat menular melalui darah yang keluar saat menstruasi. Maka dari itu sebagai tindakan preventif, cobalah gunakan kondom sebagai pelindung saat ingin melakukan hubungan seks dengan pasangan yang sedang menstruasi.

Terjadinya ovulasi

Walaupun kemungkinan untuk hamil rendah saat sedang dalam masa menstruasi, namun proses ovulasi juga masih bisa terjadi saat melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Menghilangkan Kerutan di Leher dengan Tepat

Siklus menstruasi dan masa subur yang terjadi akan berbeda di setiap bulannya dan terjadi 14 hari sebelum siklus menstruasi di mulai. Laman Medical News Today menjelaskan bahwa sperma dapat tetap hidup di tubuh selama 3-5 hari, jika proses ovulasi langsung terjadi setelah siklus menstruasi selesai, maka kemungkinan untuk terjadinya ovulasi dan kehamilan bisa terjadi.

Kotor

Dampak lain yang mungkin timbul dari melakukan hubungan seks saat menstruasi adalah kotor dan berantakan. Darah menstruasi akan terkena di tubuh pasangan atau di atas kasur terutama jika dilakukan saat menstruasi berat.

Siklus menstruasi berat adalah hari-hari awal menstruasi di mana perempuan akan mengeluarkan banyak darah saat menstruasi. Sehingga potensi dari ranjang yang kotor maupun darah yang belepotan di mana-mana bisa menjadi besar.

Sebaiknya siapkan beberapa tissue basah atau handuk untuk membersihkan kemungkinan ranjang yang kotor setelah melakukan hubungan seks dengan pasangan yang sedang menstruasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News