HOME, Santai

Perhatikan Dulu, Ini 6 Tanda Anda Sedang Berada Pada Kondisi Emotional Numbness

Perhatikan Dulu, Ini 6 Tanda Anda Sedang Berada Pada Kondisi Emotional Numbness

MOMSMONEY.ID - Istilah emotional numbness merupakan istilah yang kerap digunakan untuk menjelaskan kondisi dimana seseorang tidak menunjukkan atau merasakan emosi pada suatu hal.

Emotional numbness sendiri adalah emosi yang hanya sementara dan biasanya disebabkan karena kondisi mental yang tidak stabil. Seperti depresi, stress, dan PTSD yang kemudian dijadikan strategi untuk menjaga diri dan perasaan sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tanda seseorang sedang berada dalam kondisi emotional numbness.

Baca Juga: 4 Drama Korea Ini Miliki Karakter Dengan Hubungan Bromance yang Kocak, Tonton Yuk!

Kehilangan minat

Melansir dari laman Very Well Mind, salah satu tanda yang menunjukkan emotional numbness adalah kehilangan minat untuk melakukan hal-hal yang dulu disukai. Biasanya keinginan untuk tidak ingin melakukan hobi atau melakukan aktivitas yang dulu dinikmati menjadi semakin menghilang saat berada dalam kondisi ini.

Tidak mampu berpartisipasi penuh

Orang-orang yang sedang berada dalam kondisi emotional numbness biasanya memiliki kesulitan untuk berpartisipasi penuh dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan. Mereka akan mudah kehilangan minat karena tidak mampu mengekspresikan diri mereka secara penuh pada hal-hal yang mereka lakukan.

Merasa flat

Perasaan biasa saja atau flat juga kerap dirasakan siapa pun yang berada pada kondisi ini. Orang-orang dengan emotional numbness tidak dapat dengan mudah untuk merasakan suatu perasaan baik secara emosional dan fisik. Sehingga mereka kerap merasa bahwa semuanya flat dan biasa saja.

Baca Juga: Arti Status Warna Anda di Aplikasi Peduli Lindungi, Periksa sebelum Bepergian!

Merasa ada jarak

Melansir dari laman Greatist, orang-orang dengan emotional numbness kerap merasa adanya jarak antara pikiran dan perasaan mereka sendiri. Sehingga mereka merasa kesulitan untuk bereaksi dengan orang-orang yang berada di sekitar mereka.

Merasa seperti orang ketiga

Seseorang yang berada pada kondisi emotional numbness biasa melihat diri mereka sebagai orang ketiga daripada berperan merasakan atau mengalami sagala hal dalam kehidupan secara langsung. Sehingga perasaan dan emosi menjadi kosong dan susah untuk diekspresikan.

Merasa sulit mengenali diri

Kesulitan untuk mengenali diri dan emosi yang dirasakan juga bisa menjadi sebuah tanda seseorang mengalami emotional numbness.

Hal itu dipicu karena seseorang kesulitan untuk mengakses emosi tersebut membuat mereka merasa jauh dari orang lain bahkan diri sendiri.

Akhirnya, perasaaan emosi positif pun juga sulit untuk dirasakan oleh orang-orang dengan emotional numbness.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News