Keluarga

Perayaan Nyepi 2023: Pantangan dan Anjuran yang Wajib Dipatuhi

Perayaan Nyepi 2023: Pantangan dan Anjuran yang Wajib Dipatuhi

MOMSMONEY.ID - Perayaan Nyepi 2023 jatuh pada hari ini (22/3). Ada sederet pantangan dan anjuran yang wajib Anda patuhi selama Nyepi berlangsung.

Perayaan Nyepi 2023 terasa lebih spesial dari biasanya. Pasalnya, Nyepi pada tahun ini jatuh pada hari yang sama dengan pelaksanaan shalat Tarawih hari pertama bagi Umat Muslim.

Dilansir dari Kompas, Pemprov Bali menyepakati agar shalat Tarawih pertama diperbolehkan asalkan dengan berjalan kaki tanpa bergerombol dan tetap tak boleh berisik. Itu merupakan salah satu perwujudan toleransi umat beragama di Bali.

Selain tak boleh berisik, apa sajakah pantangan dan anjuran lainnya yang wajib Anda patuhi selama Nyepi berlangsung? Melansir dari Coconuts dan Handara Golf Resort, berikut selengkapnya.

Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Karakter, Ini 6 Cara Ajarkan Toleransi dan Perbedaan pada Anak

Pantangan

Tidak boleh berisik

Pantangan yang wajib dipatuhi saat Perayaan Nyepi adalah tidak boleh berisik. Anda tidak diperbolehkan berbicara dengan suara keras, menyetel musik hingga TV dengan volume kencang.

Apabila ingin menyetel musik, maka diwajibkan untuk memasang volume paling minimum agar tak mengganggu ibadah umat Hindu.

Tidak bisa menyalakan listrik

Salah satu pantangan yang wajib dipatuhi saat perayaan Nyepi adalah tidak boleh complain perihal listrik mati. Sebab, listrik memang sengaja dimatikan agar ibadah Nyepi lebih khidmat.

Inilah mengapa jika Anda pergi ke Bali saat perayaan Nyepi berlangsung, Anda diwajibkan untuk mempersiapkan lilin sebagai lampu cadangan.

Baca Juga: Puasa Tanggal Berapa? Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Ini

Tidak boleh keluar rumah

Pantangan yang wajib dipatuhi saat perayaan Nyepi salah satunya tidak boleh keluar rumah. Sebab, rata-rata Umat Hindu di Bali merayakan Nyepi dengan setenang mungkin tanpa ada gangguan.

Jika Anda keluar rumah, dikhawatirkan akan membuat sedikit kebisingan yang menyebabkan gangguan.

Tidak bisa berbelanja

Perayaan Nyepi membuat hampir semua akses umum seperti pertokoan, villa, hotel, ATM, hingga bandara ditutup. Anda tak akan bisa berbelanja makanan saat Hari Nyepi berlangsung.

Jadi jika Anda ingin makan atau membeli berbagai keperluan, ada baiknya mempersiapkan stok makanan hingga berbagai kebutuhan lainnya beberapa hari sebelum Nyepi berlangsung.

Tidak boleh berkendara

Perayaan Nyepi harus berlangsung dalam keheningan. Maka pantangan saat Nyepi yang wajib dipatuhi adalah tidak boleh berkendara, baik motor, sepeda, maupun mobil.

Baca Juga: Promo Burger King Spesial Ramadan 2023, Menu Bukber Ayam Bumbu Madura Mulai Rp 7.273

Anjuran

Mengambil uang di ATM

Sebelum perayaan Nyepi berlangsung, sebaiknya Anda mengambil uang secukupnya. Pasalnya, ATM juga akan tutup mulai pagi dari jam 06.00 hingga keesokan harinya.

Baiknya Anda memegang uang tunai sebagai cadangan stok apabila diperlukan hal-hal darurat.

Siapkan makanan yang cukup

Anjuran yang wajib dipatuhi saat perayaan Nyepi adalah mempersiapkan makanan dan minuman yang cukup untuk Hari Nyepi. Sediakan stok makanan berat, makanan ringan, hingga minum yang cukup untuk sekeluarga makan 3x sehari.

Restoran maupun warung tak akan buka saat perayaan Nyepi. Jadi, jangan sampai Anda menahan lapar karena tak menyediakan cadangan makanan.

Baca Juga: Rekomendasi Waktu Terbaik Berolahraga Saat Puasa di Bulan Ramadan, Menurut Pakar

Berdiam diri di kamar

Berdiam diri di kamar menjadi anjuran yang wajib dipatuhi saat perayaan Nyepi berlangsung. Dengan berdiam diri, maka akan meminimalkan suara bising yang terjadi.

Terutama pada malam hari ketika matahari sudah terbenam, maka Anda benar-benar tak bisa keluar kamar maupun menyalakan lampu. Pasalnya, semua aliran listrik akan diputus selama seharian penuh.

Menghormati budaya Bali

Anjuran yang wajib dipatuhi saat perayaan Nyepi berlangsung adalah dengan menghormati budaya Bali, termasuk tidak mengambil foto maupun video saat perayaan Nyepi berlangsung.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk bermeditasi agar jiwa tetap tenang meski tanpa lampu dan suara, khususnya bagi Anda yang mengidap fobia gelap.

Itulah sederet pantangan dan anjuran yang wajib dipatuhi saat perayaan Nyepi berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News