Keluarga

Pentingnya Pendidikan Karakter, Ini 6 Cara Ajarkan Toleransi dan Perbedaan pada Anak

Pentingnya Pendidikan Karakter, Ini 6 Cara Ajarkan Toleransi dan Perbedaan pada Anak

MOMSMONEY.ID - Mau ajarkan anak tentang pentingnya pendidikan karakter? Coba simak artikel ini untuk tahu bagaimana cara ajarkan toleransi pada anak bisa sebagai salah satu materi pendidikan karakter sejak usia dini, yuk.

Toleransi atau menghargai perbedaan merupakan salah satu materi pendidikan karakter yang wajib Moms ajarkan pada anak sedini mungkin. Ini karena anak sudah mulai bisa mengenali perbedaan sejak sejak ia berusia 6 bulan. Sejak usia inilah anak sudah mulai mengenali fisik orang-orang terdekatnya.

Agar si kecil lebih paham, berikut Momsmoney hadirkan cara ajarkan toleransi dan perbedaan pada anak yang dilansir dari laman Ibu dan Balita oleh Primago, selengkapnya.

Baca Juga: Mengenal 8 Jenis Sate Indonesia dari Berbagai Penjuru Daerah, Sudah Coba Semua?

Film bertema toleransi

Replika Sekolah Laskar Pelangi di Belitung

Cara ajarkan toleransi pada anak bisa dilakukan melalui media apapun, salah satunya film-film anak. Moms bisa damping si kecil menonton film bertema toleransi dan perbedaan seperti Film Laskar Pelangi hingga Finding Nemo.

Jelaskan juga pada anak agar ia mengerti arti dari toleransi dan menghargai perbedaan.

Ajak anak bersosialisasi

HIBURAN PESERTA VAKSINASI ANAK DI POLDA GORONTALO

Baca Juga: Tak Ada di Negara Lain, Ini Dia 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Bisa Anda Coba

Cara ajarkan toleransi pada anak sejak dini bisa dilakukan dengan terjun langsung ke lingkungan sekitar.

Ajaklah anak bersosialisasi bersama teman-teman sebayanya dan kenalkan ragam perbedaan yang hadir, mulai dari perbedaan suku, bahasa, budaya, agama, hingga warna kulit.

Dengan mengajarkan tentang perbedaan pada anak sedini mungkin, maka akan membuat anak lebih bisa berbaur dan merasa nyaman ketika si kecil tumbuh di lingkungan yang heterogen dan memiliki banyak keragaman.

Jadilah role model

Untuk bisa ajarkan toleransi pada anak, jadilah role model sekaligus contoh nyata yang Moms terapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Berikan contoh langsung dalam kehidupan kepada si kecil bagaimana cara menghormati & menerima perbedaan dalam lingkungan sehari-hari. Misalnya, tetap bergaul dengan tetangga yang berbeda suku & agama serta tak pilih kasih pada golongan tertentu.

Baca Juga: 5 Warisan Budaya Indonesia Tak Benda yang Diakui UNESCO

Kenalkan keragaman Indonesia

Cara ajarkan toleransi pada anak bisa dilakukan dengan mengenalkan keragaman yang dimiliki Indonesia.

Indonesia yang memiliki banyak perbedaan mulai dari agama, suku, bahasa daerah, hingga budaya, menjadi contoh baik yang patut dikenalkan pada anak sejak dini.

Moms bisa mencoba sesekali mengajak anak mengikuti perayaan budaya seperti lomba busana tradisional yang biasa digelar pada hari-hari tertentu, atau bisa ajak anak pergi ke Taman Mini Indonesia Indah untuk tunjukkan langsung beragam kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Ide Kegiatan Natal 2022 untuk Anak dan Keluarga

Buku cerita

Selain media film, cara ajarkan perbedaan pada anak juga dapat dilakukan melalui buku cerita. Moms bisa coba membeli buku anak-anak yang memiliki tema toleransi terhadap perbedaan untuk dijadikan referensi bacaan sebelum tidur.

Tak hanya itu, Moms juga bisa sambil menjelaskan maksud dari cerita anak tersebut agar si kecil semakin mengerti apa arti toleransi.

Jangan larang si kecil bertanya

Anak kecil memang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Jika Moms telah melakukan beberapa cara di atas, maka selanjutnya cara ajarkan toleransi pada anak bisa dilakukan dengan membiarkan si kecil bertanya.

Baca Juga: Siap Rayakan Natal 2022, Ini Jadwal Misa Natal di Gereja Katedral Bandung Lengkap

Ada kalanya anak ingin tahu mengapa fisik setiap orang berbeda-beda. Ajarkan padanya bahwa Indonesia memiliki keragaman ras sehingga memengaruhi fisik setiap orang, termasuk warna kulitnya.

Jangan biarkan anak mengejek teman-teman sebayanya yang memiliki warna kulit lebih cerah atau lebih gelap.

Itu dia beberapa cara ajarkan toleransi pada anak sejak dini. Lakukan langkah-langkah di atas agar si kecil jadi lebih terbuka terhadap perbedaan yang ada di sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News