Bugar

Pengobatan Alami yang Bisa Meredakan Gangguan Cemas Berlebihan

Pengobatan Alami yang Bisa Meredakan Gangguan Cemas Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Kecemasan merupakan hal yang normal. Bahkan, kecemasan sering menjadi hal baik agar Anda tetap waspada terhadap potensi bahaya dan memotivasi untuk menjalani hidup.

Namun, kecemasan berlebihan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika sering terjadi. Kecemasan berlebihan bisa diatasi, bahkan dengan pengobatan alami.

Pengobatan ini berupa herbal, aromaterapi, dan gaya hidup yang memicu relaksasi. Dilansir dari Women's Health, beberapa contoh obat alami meredakan kecemasan berlebihan, antara lain: 

Aromaterapi

Aromaterapi berupa minyak esensial mampu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental secara keseluruhan. Banyak aroma yang bisa membantu meningkatkan suasana hati, membuat rileks, dan mengurangi kecemasan. 

Baca Juga: Kenali 4 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Gejala Agitasi

Hindari kafein dan alkohol

Jangan pernah berpikir untuk mengonsumsi asupan yang mengandung kafein atau alkohol saat Anda sedang dilanda rasa cemas, karena hal tersebut justru bisa memperparah kondisi yang dialami.

Kafein bisa ditemukan pada kopi, teh, minuman berkarbonasi, dan minuman berenergi.

Meditasi

Meditasi merupakan cara yang mengharuskan Anda fokus untuk menghilangkan pikiran yang tidak perlu, dan menggantinya dengan pikiran yang menenangkan.

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi bisa meredakan gejala kecemasan berlebih, dan membuatmu  merasa lebih nyaman.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Sederet Terapi untuk Mengatasi Retardasi Mental

Obat herbal

Beberapa herbal dan suplemen herbal juga bisa membantu meringankan gejala kecemasan, yaitu membantu tubuh rileks dan merasa lebih tenang.

Beberapa jenis herbal yang sangat dikenal ampuh meredakan kecemasan yaitu, lavender, pelembab yang terbuat dari lemon dan camomile.

Menulis

Beberapa studi menemukan bahwa menulis, baik dalam jurnal maupun bentuk lainnya, bisa membuat seseorang bisa mengelola kecemasan lebih baik.

Sebagai contoh, studi tahun 2016 oleh Queen’s University, Kanada, menemukan bahwa penulisan kreatif bisa membantu anak-anak dan remaja dalam mengelola ansietas.

Nah, jika Anda mengalami serangan kecemasan, atasi dengan tips yang disebutkan di atas. Kecemasan yang tidak ditangani atau terus memburuk bisa menambah stres yang bisa berujung pada kondisi yang lebih serius.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengatasi kecemasan atau stres, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan tenaga profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News