HOME, Keluarga

Pemula Perlu Tahu! 4 Ragam Garam & Fungsinya yang Berbeda

Pemula Perlu Tahu! 4 Ragam Garam & Fungsinya yang Berbeda

MOMSMONEY.ID - Garam adalah bumbu penyedap yang tidak boleh dihilangkan dalam sebuah sajian masakan. Tanpa garam, semua masakan akan hambar dan tidak enak dimakan.

Tapi ternyata, garam punya berbagai jenis dan varian yang berbeda dari tekstur hingga fungsinya, loh!

Bagi anda yang belum tahu apa saja jenis garam beserta fungsinya, anda perlu menyimak yang satu ini!  Dirangkum dari Primarasa, Mayo Clinic, Sea Salt dan The Spruce Eats, simak ini dia selengkapnya!

Baca Juga: Sponge Cake & Chiffon Cake, Apa Perbedaan Keduanya?

Garam batu (Rock Salt)

Rock salt atau garam batu merupakan jenis garam yang berasal dari lapisan kerak bumi. Garam ini terbentuk dari sisa-sisa zaman purba.

Sesuai dengan namanya, garam batu ini berbentuk kubus dan kasar seperti batu karena garam ini memang digali langsung dari kerak bumi.

Garam jenis ini tidak diendapkan ataupun diuapkan seperti jenis garam-garam lainnya sehingga Garam Batu dapat mempertahankan bentuk aslinya. Oleh karenanya, garam batu masih memiliki berbagai mineral asli dan tentunya kotoran yang berasal dari kerak bumi.

Karena banyaknya kotoran yang tercampur dalam garam ini, maka sebenarnya garam ini tidak cocok dikonsumsi oleh manusia. Meski begitu, garam batu bisa dijadikan sebagai salah satu bahan baku pembuatan es krim karena dapat membuat es krim semakin dingin & tidak mudah meleleh.

Baca Juga: 4 Tips Mengukus Kue yang Sukses dan Tidak Bantat

Garam Laut (Sea Salt)

Garam

Baca Juga: Perbedaan Tepung Maizena, Tapioka, dan Sagu

Garam laut cukup mirip dengan garam batu. Tapi perlu anda tahu Moms, anda bisa membedakan kedua jenis garam ini berdasarkan beberapa hal:

  • Garam laut lebih mahal daripada garam batu
  • Garam laut digunakan sebagai bumbu dapur, sedangkan garam batu untuk mendinginkan es
  • Garam laut bisa dikonsumsi, sedangkan garam batu bukan untuk dikonsumsi manusia kecuali ada label food-grade.

Jenis garam laut ini mengandung beberapa mineral seperti magnesium, cooper, kalsium, dan lain-lain. Garam jenis ini biasanya tidak ditambahkan dengan berbagai bahan atau zat kimia lainnya.

Baca Juga: Promo Chatime x Minions, Menu Baru Mulai dari Minuman Hingga Merchandise Lucu

Garam dapur (Table Salt)

Garam dapur merupakan jenis garam yang memiliki tekstur lembut karena telah melalui proses yang panjang untuk menghilangkan berbagai kandungan mineral untuk mencegah penggumpalan.

Pada hampir setiap garam dapur, selalu ditambahkan yodium yang berfungsi sebagai nutrisi penjaga kesehatan kelenjar tiroid.

Garam dapur biasanya dipakai untuk berbagai macam masakan.

Baca Juga: Promo Richeese Factory Flash Sale, 3 Fire Chicken Rp 50.000-an di Outlet Tertentu

Garam Kosher

Garam kosher merupakan garam yang berbentuk kasar. Garam ini difungsikan sebagai penghilang darah pada permukaan daging dengan cara menggosok-gosokan kedua bahan tersebut.

Tekstur garam jenis ini lebih kasar dibandingkan garam dapur. Selain itu, rasanya juga kurang asin sehingga cocok bagi anda yang kurang suka rasa asin yang berlebihan.

mom

Selanjutnya: Promo McDonalds 17-21 September 2021, September Ceria Beli 3 Ayam + 3 Nasi Rp 45.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News