Santai

Pemerintah: Vaksin HPV Gratis, Simak Beberapa Detailnya Berikut

Pemerintah: Vaksin HPV Gratis, Simak Beberapa Detailnya Berikut

MOMSMONEY.ID - Pemerintah baru saja menetapkan aturan terbaru mengenai vaksin HPV secara gratis.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa pemerintah akan memberikan vaksinasi HPV secara gratis di seluruh provinsi Indonesia pada tahun 2023 ini.

Vaksin HPV gratis sendiri menargetkan para siswi kelas 5 dan 6 SD yang akan mulai dilakukan tahun ini di 34 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini lo 4 Penyebab Kenapa Kondom Bisa Rusak

Lalu mengapa vaksin HPV ini penting bagi para perempuan?

Mengutip dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), vaksin HPV merupakan salah satu cara untuk mencegah risiko kanker, terutama pada kaum perempuan.

Walau secara umum vaksin ini bisa mengurangi risiko serangan kanker pada pria dan perempuan, namun secara khusus, vaksin HPV sendiri digunakan sebagai pencegahan akan risiko kanker serviks yang menjadi momok bagi perempuan.

Sehingga dengan mendapatkan vaksin ini, harapannya angka pengidap kanker payudara dan kanker serviks bisa ditekan di Indonesia.

Siapa saja kah yang harus mendapatkan vaksin HPV?

Vaksin HPV akan lebh efektif diberikan bagi anak-anak yang usianya di bawah 15 tahun atau di usia SD.

Sedangkan remaja di atas 16 hingga dewasa muda di bawah 26 tahun masih bisa mendapatkan vaksin HPV dengan dosis berbeda.

Selain bisa diberikan pada pria dan perempuan, vaksin HPV tidak disarankan bagi ibu hamil dan orang-orang dengan beberapa kondisi tertentu seperti sakit parah. Maka dari itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mendapatkan vaksin ini.

Baca Juga: Wajib Dicoba Nih Moms! Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Vagina Tetap Sehat

Mengapa anak-anak SD?

Laman Mayo Clinic menyarankan agar anak-anak, terutama perempuan, yang masih berusia 11-12 tahun sebaiknya mendapatkan vaksin HPV ini sebagai tindakan preventif penyebaran virus kanker.

Sebab hampir 88% risiko serangan kanker pada remaja yang mendapatkan vaksin HPV ini bisa ditekan dibanding para perempuan dewasa muda. Efektivitas vaksin ini untuk mencegah serangan kanker pada perempuan usia dewasa muda yang mendapatkan vaksin ini sebesar 81%.

Bagaimanakah prosedur vaksin HPV?

Seperti vaksin pada umumnya, vaksin HPV sendiri akan diberikan dengan 2 dosis untuk anak-anak remaja yang usianya belum mencapai 15 tahun.

Jarak dari vaksin pertama hingga kedua akan berjarak 6 bulan saja. Sedangkan bagi remaja yang usianya lebih dari 15 tahun hingga 26 tahun, sebaiknya mendapatkan 3 dosis vaksin HPV

Bagi para perempuan di luar sasaran program pemerintah ini sendiri, bisa melakukan vaksin HPV di rumah sakit besar yang menyediakan vaksin ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News