Bugar

Wajib Dicoba Nih Moms! Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Vagina Tetap Sehat

Wajib Dicoba Nih Moms! Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Vagina Tetap Sehat

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk membuat vagina tetap sehat.

Membuat vagina tetap sehat adalah hal yang harus diperhatikan semua perempuan. Maka dari itu, Anda perlu tahu cara merawat vagina dengan tepat. 

Vagina yang sehat juga akan mengeluarkan sejumlah cairan untuk menjaganya tetap bersih, sama seperti air liur yang diproduksi untuk membantu membersihkan mulut Anda. 

Untuk menghindari gangguan pada vagina, seperti yang dilansir dari Women's Health, inilah beberapa kebiasaan yang membuat vagina tetap sehat, antara lain:  

Baca Juga: Moms, Ini 5 Cedera Saat Olahraga yang Sering Terjadi dan Harus Diwaspadai

1. Melakukan screening reproduksi secara rutin

Kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk membuat vagina tetap sehat yang pertama adalah melakukan screening reproduksi secara rutin.

Sebagai perempuan perlu sekali melakukan tes pap smear setidaknya setahun sekali untuk memeriksakan keadaan leher rahim dan deteksi kanker rahim secara dini. 

Jika Anda memiliki anak perempuan yang sedang beranjak remaja, ada baiknya untuk mengantarkan mereka ke ginekologi atau klinik layanan kesehatan untuk mendapatkan vaksin HPV. 

2. Mengenakan celana dalam berbahan katun

Kebiasaan yang membuat vagina tetap sehat selanjutnya adalah menggunakan celana dalam berbahan katun dan mudah menyerap keringat agar tidak lembab.  

Menurut Mary Jane Minkin seorang profesor klinis di Yale University, bahan katun ideal untuk pakaian dalam, karena dapat menyerap kelembapan dan memungkinkan kulit untuk bernapas. 

3. Menggunakan kondom

Kebiasaan yang membuat vagina tetap sehat lainnya adalah menggunakan kondom. 

Cara merawat vagina selanjutnya adalah menggunakan kondom saat berhubungan seksual. 

Ingatlah untuk selalu menggunakan kondom guna melindungi diri dari penyakit menular seksual.

Selain itu, kondom juga bisa digunakan sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. 

Baca Juga: Daftar Penyakit yang Ditanggung BPJS Kesehatan Tahun 2023, Apa Saja ya?

4. Menjaga kebersihan vagina dengan baik

Setelah buang air besar, bersihkan area dari depan ke belakang, bukan dari belakang ke depan, untuk menghindari kontaminasi bakteri vagina dan menurunkan risiko infeksi kandung kemih. 

Ganti pembalut secara teratur selama menstruasi. Jika tidak sedang haid, jangan gunakan pembalut atau panty liner karena akan membuat vagina lembap dan memudahkan infeksi jamur. 

Itulah beberapa kebiasaan yang membuat vagina tetap sehat. Jangan malas untuk selalu rutin membersihkan area kewanitaan. 

Sebab, dengan vagina yang sehat dan bersih pun, kehidupan seksual ataupun program hamil bisa berjalan lancar. Semoga bermanfaat! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News