Santai

Pasar Ponsel Layar Lipat Akan Tumbuh 73%

Pasar Ponsel Layar Lipat Akan Tumbuh 73%

MOMSMONEY.ID - Produsen smartphone mulai keranjingan memproduksi smartphone atau ponsel layar lipat. Tercatat di tahun 2022 ini sudah ada Samsung, Huawei, Motorola, Xiaomi dan Oppo yang merilis ponsel layar lipat mereka.

Dilansir dari GSMArena, menurut laporan terbaru Counterpoint Research, pasar smartphone lipat global akan tumbuh 73% pada tahun ini. Artinya di akhir tahun 2022 nanti, akan ada kenaikan dari 9 juta unit tahun lalu menjadi 16 juta unit. 

Counterpoint memperkirakan pertumbuhan akan terus menguat hingga tahun depan. Bahkan, diperkirakan akan tumbuh menjadi 26 juta unit pada 2023. 

Baca Juga: Oppo Siapkan Dua Ponsel Lipat Anyar. Simak Speknya di Sini! Oppo Siapkan Dua Ponsel Lipat Anyar. Simak Speknya di Sini!

Sepanjang semester pertama 2022, Samsung menikmati pangsa pasar ponsel layar lipat yang dominan. Mencapai 62% sesuai laporan Counterpoint’s Foldable Smartphone Tracker, yang dipublikasikan pada Juni 2022. 

Dua pabrikan asal China, Huawei dan Oppo berada di urutan kedua dan ketiga.

Analis Senior Counterpoint Jene Park mengatakan keberhasilan Samsung memimpin pasar tak lepas dari status mereka sebagai pionir di teknologi ponsel layar lipat. 

Lebih lanjut ia mengingatkan Samsung bahwa pasar smartphone sangat ketat dan jika tidak waspada, besar kemungkinan Samsung akan disalip pesaing mereka dari China.

"Harus terus melakukan inovasi," sarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News