Santai

Pasangan Suka Lakukan Silent Treatment? 4 Cara Ini Bisa Bantu Mengatasinya

Pasangan Suka Lakukan Silent Treatment? 4 Cara Ini Bisa Bantu Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Tak perlu kebingungan, ini cara mudah untuk mengatasi pasangan yang suka melakukan silent treatment.

Istilah silent treatment merupakan istilah masa kini yang digunakan untuk menjelaskan situasi permasalahan dalam sebuah hubungan.

Silent treatment terjadi ketika seseorang dengan sengaja “mendiamkan” orang lain, sahabat, keluarga, atau pasangan sebagai bentuk hukuman dan penolakan untuk berkomunikasi.

Baca Juga: 4 Manfaat Desahan Saat Berhubungan Seks, Bisa Jadi Penambah Gairah

Situasi ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang tidak terbatas, sehingga juga bisa memberikan dampak emosional bagi orang yang mengalami silent treatment jika tidak diatasi dengan benar.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi silent treatment dengan cara sederhana:

Meminta maaf

Setelah memahami situasi yang terjadi, maka cara selanjutnya untuk mengatasi silent treatment adalah dengan meminta maaf.

Meminta maaflah ketika memang kesalahan terletak pada Anda, jika tidak maka gunakan kalimat yang halus dan tidak menyinggung untuk menjelaskan kesalahan yang terjadi.

Mengakui perasaan orang lain

Orang-orang yang melakukan silent treatment biasanya mengalami kebingungan untuk mengungkapkan perasaannya dan ingin orang lain memahami perasaan yang ia rasakan tersebut.

Laman Medical News Today menyarankan, cobalah meminta orang tersebut menceritakan perasaan atau feeling-nya. Dengarkan dengan seksama dan jauhi untuk bersikap defensif saat orang tersebut sedang bercerita.

Baca Juga: Ingin Tahu Buruknya Obsesi Berlebihan? Tonton 4 Rekomendasi Film Ini Saja

Membela diri sendiri

Ketika silent treatment telah berubah menjadi hal yang berujung pada kekerasan, maka ada baiknya untuk melakukan pembelaan terhadap diri sendiri. Hal tersebut adalah pertanda sebuah hubungan yang tidak sehat.

Cobalah untuk memberi batasan atas perbuatan yang masih bisa ditolerir dan juga hal yang terjadi jika batasan tersebut dilanggar. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar kedua pihak mampu menghargai posisi masing-masing.

Memberikan solusi

Melansir dari laman Health Line, silent treatment bisa diatasi dengan melakukan komunikasi agar dapat diselesaikan. Sehingga, penting untuk berkomunikasi, bertemu, menjelaskan situasi, serta memberikan solusi dan saran pada situasi yang terjadi.

Sebaiknya jelaskan dengan jelas mengenai perasaan dan juga harapan pada pasangan, sehingga solusi bisa ditemukan. Solusi yang diberikan bisa digunakan untuk mengatasi kemungkinan terjadinya lagi silent treatment dalam sebuah hubungan.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk menghadapi pasangan yang gemar melakukan silent treatment. Coba terapkan, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News