HOME, Bugar

Pahami Manfaat Penggunaan Bahan Niacinamide Pada Produk Skincare

Pahami Manfaat Penggunaan Bahan Niacinamide Pada Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Salah satu bahan skincare yang lagi viral saat ini yaitu Niacinamide. Niacinamide adalah vitamin yang larut dalam air dan bagian dari kelompok vitamin B. Melansir dari www.eduskincare.eu.org, Niacinamide digunakan untuk mengobati jerawat dan tidak ada efek samping. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas anti-inflamasi Niacinamide dapat berkontribusi pada efeknya jerawat.

Niacinamide berasal dari kandungan vitamin alami dari berbagai makanan tetapi untuk bahan kosmetik harus diolah lagi di laboratorium. Agar anda lebih memahami manfaat lain yang terkadung di dalam Niacinamide, berikut penjelasannya dilansir dari cnfstore.com:

1. Mengontrol Produksi Minyak

Niacinamide mampu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Produksi minyak yang lebih dapat menimbulkan komedo dan jerawat. Oleh karena itu, bagi anda yag memiliki jenis kulit berminyak, skincare yang mengadung niacinamide bisa langsung dirasakan hasilnya. 

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Produksi minyak terjaga, maka masalah jerawat juga dapat diatasi. Kandungan aktif di dalam niacinamide dapat mengatasi jerawat yang parah dan sedang bahkan meradang sekalipun, seperti jenis jerawat papula dan pustula. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

3. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Selanjutnya, Niacinamide bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Beberapa studi menyebutkan konsentrasi niacinamide 5% dalam produk perawatan wajah dapat digunakan sebagai penghilang noda bekas jerawat. Hal ini juga didukung dengan kemampuan niacinamida yang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga noda hitam tersamarkan. 

4. Melembapkan dan Menghaluskan Kulit

Niacinamide dapat membangun protein di kulit dan mengunci kelembapan untuk mencegah kerusakan kulit. Saat diaplikasikan pada kulit, kandungan aktif ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

5. Mencegah Penuaan Dini

Niacinamide dapat mencegah penuaan dini, mulai dari kerutan dan garis-garis halus di wajah. Vitamin B3 dapat menghalang kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan membangun sel-sel kulit sehat.

6. Mencegah Melanoma

Manfaat yang terakhit yaitu mencegah Melanoma. Melanoma yaitu jenis kanker kulit yang muncul pada sel penghasil melanin, yaitu jenis pigmen pemberi warna kulit. Melanoma berhubungan dengan kerusakan sel akibat paparan sinar matahari. Oleh karena itu, penggunaan niacinamide sangat dianjurkan bagi kulit. 

Moms, itulah manfaat penggunaan bahan niacinamide pada produk skincare. Banyak produk skincare yang telah mengandung bahan niacinamide sebagai bahan utamanya. Pilihlah produk skincare yang aman dan cocok dengan kulit anda. 

Selanjutnya: Ketahui Manfaat Rosehip Oil Bagi Perawatan Kulit Cantik Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News