Bugar

Pahami Cara Layering Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

Pahami Cara Layering Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

MOMSMONEY.ID - Bisa dicoba, Anda perlu tahu cara layering kandungan skincare untuk kulit berjerawat dan berminyak. Layering kandungan skincare cukup populer digunakan oleh beberapa orang.

Salah satu manfaat layering skincare adalah dapat melembapkan kulit secara ekstra dari kandungan skincare yang digunakan. Bagi sebagian orang, layering skincare ampuh untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit.

Namun, jangan asal coba layering skincare. Pada kulit berjerawat dan berminyak, simak cara layering kandungan skincare dilansir dari blog.avoskinbeauty.com

Baca Juga: Promo Tiket.com 11-21 Mei 2023, Diskon Berbagai Produk To Do hingga Rp 500.000

1. Kulit Berjerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dihadapi oleh banyak orang. Ada beberapa kandungan yang dapat membantu dalam mengatasi jerawat.

  • BHA (beta hydroxy acid) atau salicylic acid, memang berguna untuk membersihkan pori-pori dan meredakan jerawat. Centella asiatica juga memiliki khasiat menenangkan kulit yang berjerawat dan meredakannya.
  • Benzoyl peroxide juga dapat digunakan untuk mengatasi dan mengeringkan jerawat. Sementara itu, tea tree oil memiliki khasiat anti-bakteri yang dapat membantu dalam mengatasi jerawat dan mencegahnya.
  • Niacinamide dapat mengontrol produksi sebum yang berpotensi jadi penyebab jerawat.

Melakukan layering beberapa produk memang cukup penting. BHA atau benzoyl peroxide dapat membuat kulit kering, oleh karena itu, penting untuk menambahkan produk dengan kandungan melembapkan seperti hyaluronic acid agar kulit tetap sehat.

Namun jangan lupa untuk melakukan patch test terlebih dahulu jika menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan aktif, dapat membuat kulit lebih sensitif.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Rosehip Oil untuk Kulit, Jadi Lembab!

2. Kulit Berminyak

Kulit kombinasi berminyak membutuhkan perawatan khusus untuk mengontrol produksi minyak dan mencegah munculnya jerawat. Beberapa produk skin care yang dapat digunakan untuk kulit berminyak di antaranya:

  • Niacinamide: merupakan jenis vitamin B yang efektif dalam mengontrol produksi minyak, menjaga keseimbangan kulit, dan membantu mengurangi munculnya jerawat.
  • Tea Tree: berkhasiat sebagai antioksidan dan antibakteri yang dapat mencegah munculnya jerawat dan mengontrol produksi minyak.
  • BHA/Salicylic acid: efektif dalam mengelupas sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mencegah munculnya jerawat.
  • Hyaluronic acid: menjaga kelembapan kulit agar kulit tetap terhidrasi tanpa memproduksi lebih banyak minyak.

Untuk layering skincare, Anda dapat memulai dengan mengaplikasikan exfoliating toner yang mengandung BHA untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak.

Kemudian, lanjutkan dengan serum yang mengandung tea tree untuk mengontrol produksi minyak dan mencegah munculnya jerawat.

Setelah itu, aplikasikan moisturizer yang ringan untuk menjaga kelembapan kulit tanpa menambah produksi minyak. Selain itu, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Jadi, itulah cara layering kandungan skincare untuk kulit berjerawat dan kulit berminyak. Yuk, lakukan dengan benar!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News