HOME, Bugar

Pahami 5 Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Gelap

Pahami 5 Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Gelap

MOMSMONEY.ID - Memiliki kulit wajah kusam dan gelap dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Kulit kusam dan gelap akan membuat penampilan Anda menjadi tidak sehat bahkan terlihat lebih tua.

Untuk lebih memahami penyebab kulit wajah berubah menjadi kusam dan gelap, berikut beberapa penyebabnya dilansir dari loreal-paris.co.id, yaitu: 

1. Faktor Usia

Penyebab kulit kusam dan gelap pertama adalah faktor usia. Seiring bertambahnya usia, maka kulit wajah pun juga ikut mengalami perubahan.

Produksi minyak alami di kulit wajah akan berkurang sehingga kulit menjadi lebih kering.

Produksi hyaluronic acid di dalam tubuh juga menurun, sehingga kulit lebih rentan mengalami dehidrasi. Selain itu, peredaran darah melambat, membuat rona segar di kulit wajah berkurang.

2. Paparan Sinar Matahari 

Penyebab kulit kusam dan gelap selanjutnya yaitu paparan sinar matahari. Radiasi sinar UV dari matahari dapat dengan cepat membuat kulit wajah menjadi kusam, dimulai dengan kulit yang tampak kering dan dehidrasi lalu meningkat menjadi kusam.

Penggunaan sunscreen untuk kulit kusam dapat membantu melindungi kulit wajah dari radiasi sinar UV sekaligus merawat kulit yang terlanjur kusam. 

Baca Juga: 3 Kandungan Bahan Akif yang Tidak Boleh Digabung dengan Niacinamide

3. Sel Kulit Mati yang Menumpuk

Sel kulit mati yang menumpuk juga dapat menyebabkan kulit wajah kusam dan gelap. Pertambahan usia juga membuat proses pergantian dan peluruhan sel-sel kulit secara alami melambat, sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit.

Namun penumpukan sel-sel kulit mati bisa diatasi dengan melakukan eksfoliasi setiap 1-2 dalam seminggu. 

4. Polusi Udara

Selain paparan sinar matahari, polusi udara menjadi penyebab kulit wajah kusam dan gelap. Berbagai polusi udara dapat membuat kulit wajah menjadi cepat kotor dan menggelap.

Selanjutnya, partikel polusi yang berhasil masuk ke jaringan kulit membuat terbentuknya radikal bebas yang merusak jaringan kulit, termasuk lapisan skin barrier. Hasilnya, kulit menjadi tampak kusam.

5. Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyebab kulit kusam dan gelap lainnya adalah gaya hidup tidak sehat. Jika masih merokok, jarang berolahraga, sering begadang, pola makan buruk dan stres, maka Anda mulai mengatur dan menghindari gaya hidup yang seperti itu jika tidak ingin memiliki kulit kusam.

Yuk, mulai jaga kesehatan kulit dengan pola makanan sehat dan kebiasaan yang baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News