HOME, Bugar

3 Kandungan Bahan Akif yang Tidak Boleh Digabung dengan Niacinamide

3 Kandungan Bahan Akif yang Tidak Boleh Digabung dengan Niacinamide

MOMSMONEY.ID - Saat mengaplikasikan laying skincare, Anda perlu memperhatikan penggunaan bahan aktif. Sebab ada beberapa bahan aktif yang tidak bisa dicampurkan atau digunakan bersamaan dengan bahan aktif lainnya.

Contohnya bahan aktif Niacinamide, tidak boleh dicampurkan sembarangan karena bisa menyebabkan kulit iritasi. Untuk lebih jelasnya inilah kandungan bahan aktif yang tidak boleh dicampurkan dengan Niacinamide dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu: 

1. AHA/BHA

Bahan aktif pertama yang tidak boleh digabung dengan Niacinamide adalah AHA/BHA. Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang memperbaiki kulit kering atau rusak dengan meningkatkan elastisitasnya. Saat niacinamide digunakan bersamaan dengan AHA, maka akan menghasilkan asam nikotinat.

Asam nikotinat ini dapat mengiritasi kulit. Oleh sebab itu, penggunaan niacinamide paling efektif ketika kulit memiliki pH netral. Selain AHA, niacinamide juga tidak dapat digunakan dengan BHA. Ini akan mengurangi kinerja kandungan asam AHA/BHA. Akibatnya, pengelupasan senyawa AHA dan BHA tidak berjalan maksimal dan kulit menjadi iritasi.

Baca Juga: Anda Harus Tahu, Inilah Perbedaan Psoriasis dan Eksim Pada Kulit

2. Vitamin C

Bahan aktif selanjutnya yang tidak boleh digabung yaitu Vitamin C. Kandungan niacinamide yang dicampur dengan vitamin C membantu menghilangkan bekas jerawat dan merawat kulit. Namun, penggunaan skincare dengan Niacinamide yang dicampur dengan Vitamin C dapat menyebabkan iritasi.

Kandungan niacinamide dapat merusak rantai vitamin C, sehingga kulit menjadi merah sehingga dapat  memicu terjadinya breakout. Karena niacinamide dan vitamin C adalah bahan perawatan kulit yang tidak boleh dicampur atau digunakan bersamaan, Anda perlu lebih berhati-hati saat mengaplikasikan laying skincare.

3. Centella Asiatica

Bahan aktif terakhir yang tidak boleh digabung dengan Niacinamide yaitu Centella Asiatica. Seperti yang Anda tahu bahwa Niacinamide bentuk dari vitamin B3 yang bisa mengatasi eksim, jerawat dan bekas jerawat, mengontrol produksi sebum, mengurangi kerutan dan garis halus serta menjaga hidrasi kulit.

Pada centella asiatica juga mengandung zat bermanfaat untuk kulit seperti saponin, flavonoid, asam fenolik dan terpenoid. Kedua bahan ini dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit. Sehingga Niacinamide tidak boleh dikombinasikan dengan centella asiatica karena dapat meningkatkan risiko efek samping iritasi kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News