HOME, Bugar

Anda Harus Tahu, Inilah Perbedaan Psoriasis dan Eksim Pada Kulit

Anda Harus Tahu, Inilah Perbedaan Psoriasis dan Eksim Pada Kulit

MOMSMONEY.ID - Penyakit kulit seperti Psoriasis dan Eksim menimbulkan rasa gatal tidak nyaman pada area kulit yang terkena. Kedua penyakit kulit ini bisa muncul oleh siapa saja.

Walaupun sama-sama terasa gatal, ternyata penyakit ini jika diperhatikan lebih detail psoriasis dan eksim cenderung terlihat berbeda. Agar tidak keliru, berikut perbedaan psoriasis dan eksim dikutip dari cderma.id, yaitu: 

penyakit kulit

1. Penyebab

Perbedaan psoriasis dan eksim pertama ada pada penyebabnya. Walaupun penyebab utama dari penyakit kulit ini adalah faktor genetik.

Tetapi faktor pemicu lainnya cukup berbeda, pada psoriasis dipengaruh oleh terbakar sinar matahari, goresan, obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan psoriasis.

Sedangkan eksim disebabkan oleh sesuatu yang membut kulit menjadi iritasi antara lain sabun, deterjen, disinfektan dan infeksi.

Hal lainnya seperti keringat, panas, perubahan hormon, dan stres juga bisa menjadi penyebabnya. Bahkan alergi juga bisa memicu eksim. 

Baca Juga: 4 Cara Alami Mengatasi Wajah Memerah dan Perih Akibat Pemakaian Produk yang Salah

2. Letak Kemunculan 

Perbedaan psoriasis dan eksim selanjutnya adalah pada letak kemunculan. Pada psoriasis biasanya muncul di beberapa tempat, yaitu lutut, kulit kepala dan wajah, punggung bawah, telapak tangan, telapak kaki.

Selain itu, psoriasis juga bisa muncul di area tambahan lain seperti kuku jari tangan dan kuku kaki, mulut dan bibir, kelopak mata dan telinga. 

Sedangkan eksim sering muncul pada bagian tubuh yang menekuk, seperti siku bagian dalam atau di belakang lutut.

Selain itu, akan tampak juga pada bagian lain di leher, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki. Pada bayi, biasanya muncul di daerah dagu, pipi, kulit kepala, dada, punggung, lengan, dan kaki.

3. Tampilan dan Bentuk

Perbedaan psoriasis dan eksim lainnya adalah pada tampilan dan bentuk. Psoriasis membuat kulit lebih tebal, kemerahan, dan bersisik putih keperakan seperti sedang mengelupas.

Sedangkan eksim membuat kulit merah meradang yang mungkin bersisik dan berkerak. Bercak kasar yang terkadang gelap hal ini bisa menyebabkan pembengkakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News