Bugar

Pahami 5 Cara Merawat Wajah Berjerawat Akibat Fungal Acne

Pahami 5 Cara Merawat Wajah Berjerawat Akibat Fungal Acne

MOMSMONEY.ID - Bisa diterapkan, inilah cara merawat wajah berjerawat akibat fungal acne. Fungal acne adalah masalah kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia.

Jenis jamur ini akan menempel di kulit dan menimbulkan benjolan kecil berwarna merah yang menyerupai jerawat. Penyebab munculnya fungal acne dari kelembapan yang berlebih, pakaian yang terlalu ketat, mengonsumsi obat tertentu, dan sistem imun tubuh lemah. 

Namun, tidak perlu khawatir. Anda masih bisa merawat wajah berjerawat dari rumah. Melansir dari senka.id, berikut lima cara merawat wajah berjerawat akibat fungal acne, yaitu:  

1. Double Cleansing

Cara pertama merawat wajah berjerawat akibat fungal acne adalah double cleansing. Anda bisa membersihkan kulit wajah dengan metode double cleansing. 

Lakukan metode double cleansing sesuai jenis kulit Anda sebelum dan (khususnya) setelah pemakaian pelembap dan sunscreen selama seharian penuh.

Karena kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori wajah, sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Awali dengan facial cleanser untuk menghapus bekas make up, pelembap, dan sunscreen. Lalu, lanjutkan dengan mencuci wajah dengan facial foam yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit wajah Anda. 

2. Gunakan Sunscreen

Cara merawat wajah berjerawat akibat fungal acne selanjutnya adalah gunakan sunscreen. Paparan sinar UV langsung dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Apabila kulit yang kering tersebut tidak dehidrasi dengan baik, cenderung akan memproduksi minyak berlebih.

Sehingga, pori-pori wajah pun bisa tersumbat dan menimbulkan munculnya jerawat. Oleh sebab itu, pemakaian sunscreen menjadi dasar pertama yang perlu Anda ketahui agar kulit wajah tetap terjaga hidrasinya dan terlindungi dengan baik.

Selain, menghindarkan Anda dari jerawat, sunscreen juga bantu mencegah munculnya masalah lainnya, seperti photoaging, sunburn, kusam, keriput dan agespot.

Pastikan juga Anda memakai sunscreen dengan SPF dan PA yang cukup tinggi untuk melindungi kulit Anda sepanjang hari.

Baca Juga: 5 Manfaat Licorice untuk Wajah Pada Produk Skincare, Atasi Kulit Kemerahan!

3. Gunakan Pelembab

Berikutnya, Anda butuh menghidrasi kulit wajah dengan menggunakan pelembap setiap harinya. Mungkin beberapa dari Anda bingung cara merawat wajah berjerawat satu ini. Namun, dengan menjaga kelembapan kulit dapat menghindarkan produksi minyak berlebih dan meminimalkan munculnya jerawat di wajah.

Pastikan untuk memilih produk pelembap yang kandungannya sesuai dengan kebutuhan kulit wajah dan non-comedogenic. 

4. Hindari Menyentuh Wajah

Kemudian, Anda harus hindari menyentuh wajah terlalu sering. Kotoran dan bakteri yang terdapat pada telapak tangan dapat berpindah ke wajah saat Anda menyentuhnya. Sehingga, dapat membuat pori-pori wajah tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Jadi, mulai sekarang hentikan kebiasaan menyentuh wajah dan sadar penuh akan pergerakan tangan Anda agar tidak menyentuh wajah. Apabila Anda ingin dan memang perlu menyentuh wajah, pastikan tangan Anda sudah dalam keadaan yang bersih.

5. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Cara merawat wajah berjerawat akibat fungal acne lainnya adalah terapkan gaya hidup sehat. Mulai hari dengan minum air cukup (min. 8 gelas/hari), konsumsi makanan bergizi (4 sehat 5 sempurna), olahraga secara rutin, dan tidur yang cukup.

Laksanakan gaya hidup sehat ini secara disiplin, niscaya tubuh Anda akan lebih fit dan kualitas kulit Anda pun akan lebih sehat juga. Karena keseimbangan perawatan kulit dari dalam dan luar adalah kunci. 

Itulah beberapa cara merawat wajah berjerawat akibat fungal acne yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News