Bugar

Pahami 5 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami dan Benar

Pahami 5 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami dan Benar

MOMSMONEY.ID - Pentingnya merawat diri, inilah cara mencegah timbulnya jerawat secara alami dan benar. Jerawat adalah masalah kulit wajah yang cukup sering dialami banyak orang, pria dan wanita. Munculnya jerawat membuat penampilan wajah jadi tidak percaya diri. 

Seperti yang Anda tahu, jerawat disebabkan oleh banyak hal seperti penyumbatan sebum, makanan, kebiasaan sehari-hari dan hormon. 

Namun, Anda masih bisa mencegah kedatangan jerawat. Melansir dari cnfstore.com, berikut lima cara mencegah timbulnya jerawat secara alami dan benar : 

1. Gunakan Face Cleanser yang Ringan dan Lembut

Pertama, cara mencegah timbulnya jerawat adalah dengan menggunakan face cleanser yang ringan dan lembut. Mencuci wajah dua kali sehari, pada pagi dan malam hari untuk membersihkan, dilanjutkan dengan melembapkan wajah.

Jangan terlalu sering mencuci wajah karena dapat membuat jerawat semakin parah. Untuk mencegah jerawat muncul, lakukan eksfoliasi mingguan dengan produk exfoliator yang ringan dan lembut di kulit. 

2. Pakai Pelembab Setiap Hari Kandungan Oil Free dan Non-Comedogenic 

Cara mencegah timbulnya jerawat selanjutnya adalah pakai pelembab setiap hari dengan kandungan oil free dan non comedogenic. Daily moisturizer lotion or cream dapat bermanfaat untuk mengatasi penyebab munculnya jerawat.

Pilihlah formula pelembap yang bebas minyak dan non comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. 

Baca Juga: 7 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan, mulai Wajah hingga Kaki

3. Membersihkan Make up Sebelum Tidur

Kemudian, Anda harus membersihkan make up sebelum tidur dengan benar. Hapus dan bersihkan sisa make up seharian yang masih menempel dengan cleanser yang lembut.

Tidur dengan make up yang masih menempel akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat muncul.

Untuk setiap produk make up yang aman digunakan kulit berjerawat, pastikan berlabel oil free dan non comedogenic.

4. Hindari Memencet Jerawat

Kebiasaan ini harus dihindari yaitu dengan memencet jerawat. Penting untuk diingat untuk menghindari memencet jerawat.

Hal ini dapat membuat jerawat semakin parah, meradang, dan meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Selain itu, jerawat yang dipencet dapat menyebarkan minyak dan bakteri penyebab jerawat di area sekitarnya sehingga memicu jerawat lain. 

5. Gunakan Sunscreen Setiap Hari 

Cara mencegah timbulnya jerawat lainnya adalah dengan menggunakan sunscreen setiap hari. Terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa perlindungan ekstra, dapat memperburuk jerawat, kulit menjadi lebih sensitif, bahkan mengalami sunburn.

Oleskan sunscreen dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi. Kamu bisa memilih physical sunscreen yang cenderung tidak mengiritasi kulit.

Nah, itulah lima cara mencegah timbulnya jerawat secara alami dan benar. Lakukan perawatan skincare rutin ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News