Bugar

7 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan, mulai Wajah hingga Kaki

7 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan, mulai Wajah hingga Kaki

MOMSMONEY.ID - Setelah minum teh, Anda bisa memanfaatkan ampas teh untuk kecantikan. Berikut ini manfaat ampas teh untuk kecantikan.

Ampas teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sifat antiinflamasi dan antibakteri di dalamnya.

Ampas teh bisa Anda gunakan untuk merawat wajah, kulit tubuh, mata hingga bibir.

Jika Anda tertarik ingin mencoba, berikut tujuh manfaat ampas teh untuk kecantikan dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Menenangkan kulit

Manfaat pertama ampas teh adalah mampu menenangkan kulit. Jika kulit terbakar akibat sengatan sinar matahari, Anda bisa menggunakan ampas teh yang telah didinginkan di kulkas untuk bantu menenangkan kulit.

Ampas teh mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang membantu melawan stres oksidatif, yang menjadikannya bahan yang baik untuk meredakan kulit yang meradang.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami

2. Mengatasi masalah jerawat

Manfaat ampas teh untuk kecantikan selanjutnya adalah mengatasi masalah jerawat. Menurut studi tahun 2016, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sifat anti inflamasi, sekaligus sebagai antibakteri yang baik dalam perawatan kulit berminyak dan berjerawat.

Ampas teh dapat membantu mengurangi produksi sebum berlebih, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Cara menggunakannya juga mudah, cukup oleskan dan diamkan ampas teh pada jerawat selama 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Bisa dijadikan masker wajah

Kemudian, ampas teh bisa dijadikan sebagai masker wajah. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membuat masker wajah dari ampas teh.

Cukup mencampurkan beberapa sendok makan ampas teh dengan sedikit air hingga terbentuk pasta, lalu aplikasikan ke wajah.

Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker ini dapat digunakan sekitar dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah, Perawatan Alami

4. Mengurangi mata bengkak

Manfaat ampas teh untuk mata adalah mengurangi mata bengkak. Cara menggunakan ampas teh untuk kulit mata sangat mudah, cukup masukkan bekas kantong teh ke dalam kulkas selama 10 hingga 20 menit.

Setelah cukup dingin, tempelkan pada pada selama kurang lebih 30 menit.

Menurut sebuah artikel tahun 2010 yang terbit dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, kafein dalam teh hijau dapat menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan.

Perhatikan: karena kulit di area mata cukup sensitif, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan bersihkan wajah sebelum melakukan kompres ini.

Lepaskan lensa kontak dan hindari cairan apa pun dari ampas teh masuk ke dalam mata untuk menghindari iritasi.

5. Mengatasi bibir pecah-pecah

Berikutnya, manfaat ampas teh untuk bibir yaitu mengatasi bibir pecah-pecah. Bibir yang kering dan mengelupas dapat terasa sakit dan tidak nyaman. Anda bisa gunakan ampas teh untuk menambah hidrasi bibir.

Ambil kantung teh dan rendam dalam air hangat, lalu diamkan di bibir selama beberapa menit untuk mengurangi rasa perih dan menambah hidrasi bibir.

Baca Juga: Rayakan Hari Ibu, Ini 5 Ide Kegiatan Self Care untuk Para Ibu

6. Mengurangi bau kaki

Pada kaki, ampas teh bisa mengurangi bau kaki. Masalah bau kaki disebabkan oleh jamur kuku Candida, yang dapat bereproduksi berlebih saat kaki dalam kondisi lembab.

Untuk mengurangi bau tidak sedap ini, Anda dapat mengkompres jari kaki dengan ampas teh yang masih basah.

7. Gunakan sebagai scrub

Selain dijadikan masker wajah, ampas teh juga bisa gunakan sebagai scrub. Caranya, dengan keringkan ampas teh dan scrub alami ini siap digunakan kapan saja.

Berkat kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya, kulit Anda akan terasa lebih lembut dan halus. Selain itu, teh juga memiliki manfaat untuk meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit wajah.

Itulah beberapa manfaat ampas teh untuk kecantikan. Jadinya, jangan buru-buru buang ampas teh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News