Bugar

Pahami 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit yang Harus Anda Tahu

Pahami 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Perlunya Anda tahu beberapa manfaat puasa untuk kesehatan kulit. Bagi tubuh, puasa bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, mengelola hormon, meningkatkan fungsi otak, membantu menurunkan berat badan, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, puasa memiliki banyak manfaat untuk kulit. Walaupun biasanya kulit terasa kering saat berpuasa karena tidak makan dan minum. Ternyata ada banyak manfaatnya untuk kulit.

Simak penjelasannya di sini, berikut empat manfaat puasa untuk kesehatan kulit dilansir dari jovee.id

1. Kulit yang Lebih Kenyal

Manfaat pertama puasa untuk kesehatan kulit adalah kulit jadi lebih kenyal. Efek terkait dengan kadar glukosa dalam darah adalah produksi kolagen dalam tubuh.

Peningkatan kadar gula dalam darah sebenarnya berisiko mengurangi jumlah kolagen yang diproduksi oleh tubuh melalui proses yang disebut dengan glikasi.

Kolagen memang membutuhkan gula, tetapi glikasi adalah proses yang merugikan yang terjadi ketika kolagen dipaksa menggunakan jenis gula yang salah untuk produksinya.

Gula berlebih menyebabkan jaringan kulit menjadi kaku dan menyebabkan kulit menua lebih cepat dari seharusnya.

Oleh karena itulah berpuasa dapat mengelola kadar gula darah dalam tubuh yang secara otomatis juga meningkatkan produksi kolagen. Hasilnya kulit yang kenyal dan sehat.

2. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat puasa untuk kulit selanjutnya adalah mengatasi kulit kering. Puasa sebenarnya membantu mengatur kadar glukosa darah yang mempengaruhi beberapa masalah kulit. Kadar gula yang tinggi membuat kulit lebih kering dan gatal.

Dengan berpuasa, maka kadar insulin darah dapat lebih terkontrol yang akhirnya berdampak pada kondisi kulit yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Cara Menghidrasi Kulit pada Wajah yang Harus Anda Tahu

3. Regenerasi Sel Kulit Lebih Baik

Berikutnya, puasa juga mampu meregenerasi sel kulit lebih baik. Berpuasa terbukti dapat membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih baik dan tidur yang lebih nyenyak.

Tidur dengan perut kosong bermanfaat untuk memberi waktu organ-organ tubuh menyelesaikan sebagian besar pekerjaannya untuk memperbaiki sel-sel tubuh.

Jika tubuh masih mencerna makanan sepanjang malam, maka tubuh tidak dapat mencurahkan energinya untuk hal lain, seperti melawan peradangan.

4. Mengurangi Peradangan

Manfaat puasa untuk kesehatan kulit lainnya adalah mengurangi peradangan. Peradangan adalah akar penyebab dari banyak masalah.

Ketika kita berbicara mengenai kulit, peradangan yang timbul biasanya berwujud iritasi, eksim, psoriasis, atau pun jerawat.

Sebuah studi yang meneliti efek puasa pada penurunan berat badan juga menghubungkannya dengan penurunan risiko peradangan secara keseluruhan.

Memberi tubuh waktu untuk memproses makanan yang kita konsumsi dapat membuat usus menjadi lebih tenang. Karenanya berpengaruh juga menenangkan kulit yang meradang.

Nah, itulah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan kulit yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News