Bugar

Pahami 4 Cara Memilih Pelembab Wajah Sesuai Jenis Kulit dengan Benar

Pahami 4 Cara Memilih Pelembab Wajah Sesuai Jenis Kulit dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Pelembab termasuk basic skincare yang harus digunakan setiap hari. Sebelum itu, Anda perlu memahami cara memilih pelembab wajah sesuai jenis kulit dengan benar.

Semua jenis kulit harus memakai pelembab. Pelembab berfungsi untuk melembabkan dan menutrisi kulit wajah. Sehingga, wajib digunakan.

Apakah sudah benar memilih produk pelembab wajah? Supaya tidak keliru, berikut empat cara memilih pelembab wajah sesuai jenis kulit, dikutip dari thebodyshop.co.id, yaitu: 

Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Parfum yang Benar biar Tahan Lama

1. Cari tahu jenis kulit 

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenal jenis kulit yang dimiliki. Untuk mengetahuinya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit atau tenaga ahli yang berhubungan dengan kulit. Berikut beberapa jenis kulit wajah, yaitu: 

  • Kulit normal

Kulit normal adalah jenis kulit yang cenderung mudah dirawat. Kelenjar minyak atau sebaceous gland pada jenis kulit ini biasanya dapat diajak berkompromi karena sebum atau kelenjar minyak yang dikeluarkan seimbang.

Ciri-ciri kulit normal adalah kulit tampak lembab, lembut, kenyal, bercahaya, tidak tampak kering maupun terlalu berminyak.

  • Kulit berminyak

Kulit berminyak umumnya dimiliki oleh perempuan yang tinggal di daerah tropis. Jenis kulit berminyak biasa dijumpai pada remaja putri berusia sekitar 20 tahunan karena adanya pengaruh hormonal, meski ada juga perempuan di rentang usia 30-40 tahun yang juga mengalaminya.

Kelenjar minyak yang sangat produktif merupakan penyebab kulit berminyak yang tidak mampu mengontrol jumlah sebum atau minyak yang harus dikeluarkan.

Kelenjar tersebut biasanya terletak pada lapisan dermis yang mudah terpicu untuk lebih aktif bekerja.

  • Kulit kering

Berikutnya, kulit kering. Jenis kulit ini biasanya terlihat bersisik, terasa kering dan kusam. Kerutan akan lebih cepat muncul pada jenis kulit ini dibandingkan jenis kulit lainnya.

Kandungan sebum atau kadar minyak kulit kering sangat rendah dan juga cenderung sensitif sehingga kulit akan terlihat perched karena tidak sanggup mempertahankan kelembabannya.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini untuk Merawat Rambut Berminyak dan Rontok Pada Pria

2. Mengenal jenis-jenis pelembab

Setelah Anda tahu jenis kulit wajah yang dimiliki, Anda juga perlu mengenal jenis-jenis pelembab. Setiap jenis kulit tentunya membutuhkan jenis pelembab yang berbeda.

Anda dapat memilih pelembab dengan bahan alami karena akan menimbulkan efek yang lebih rendah bagi kulit Anda. Pastikan juga Anda memperhatikan produk tersebut sudah terdaftar di BPOM atau belum.

Saat memilih pelembab, Anda harus berhati-hati. Bacalah komposisi yang terkandung dalam produk tersebut, adakah zat tertentu yang berbahaya atau tidak karena kulit wajah tentunya berbeda dengan kulit tangan atau badan.

Kulit wajah pada umumnya lebih sensitif sehingga membutuhkan perawatan lebih ekstra.

3. Perhatikan kandungan pelembab

Cara memilih pelembab wajah selanjutnya adalah perhatikan kandungan pelembab. Produk pelembab yang baik biasanya mengandung minyak untuk menahan kadar air di dalam kulit, biasanya terbuat dari minyak nabati atau hewani.

Kandungan-kandungan tersebut membentuk lemak permukaan buatan yang memberi kelembaban pada kulit yang kering dan kasar.

Selain itu, terkadang produk-produk pelembab juga mengandung tambahan lain seperti tabir surya, vitamin, pewangi sampai anti kerut.

Baca Juga: Ampuh Pudarkan Noda pada Wajah, Simak 6 Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan Kulit

4. Gunakan secara teratur

Terakhir, cara memilih pelembab wajah yang benar adalah gunakan secara teratur. Gunakan pada pagi, siang ataupun sore hari setelah Anda membersihkan wajah.

Pada kondisi tertentu, misalnya ketika berada di daerah pegunungan atau ketika Anda berada di ruangan ber-AC, sebaiknya menggunakan pelembab wajah untuk mencegah kulit menjadi kering akibat suhu yang ekstrim.

Nah, itulah beberapa cara memilih pelembab wajah sesuai jenis kulit dengan benar. Pilih produk pelembab yang sesuai kondisi wajah Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News