HOME, Keluarga

Orang Tua yang Sangat Sibuk, Ini 7 Ide untuk Tetap Bisa Quality Time bersama Anak

Orang Tua yang Sangat Sibuk, Ini 7 Ide untuk Tetap Bisa Quality Time bersama Anak

MOMSMONEY.ID - Umumnya, orang tua rela menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bekerja meski harus berjauhan dengan keluarga. Tindakan ini tentu dilakukan bukan tanpa sebab, melainkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seluruh anggota keluarganya.

Alhasil, tidak jarang terjadi kerenggangan dalam hubungan orang tua-anak. Hal ini dapat terjadi apabila orang tua tidak menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak mereka barang sebentar.

Jika Anda adalah sosok orang tua yang sangat sibuk dan tidak ingin hubungan dengan anak-anak Anda semakin menjauh akibat pekerjaan, yuk biasakan mulai dari sekarang untuk melakukan 7 kegiatan berikut ini.

Baca Juga: 5 Daftar Makanan dan Minuman yang Buruk bagi Kesehatan Gigi Anak, Apa Saja Ya?

1. Makan bersama

Sesibuk apapun Anda, tetap luangkanlah waktu untuk makan bersama keluarga setiap harinya. Meski sederhana, namun cara ini terbilang efektif untuk mempertahankan waktu berkualitas Anda bersama keluarga.

Jika Anda sulit menyempatkan diri untuk makan malam bersama keluarga di hari kerja, pastikan untuk menggantinya dengan rutin sarapan bersama atau mengadakan acara makan malam spesial di akhir pekan.

2. Berbagi tugas

Saat mengerjakan tugas rumah tangga, mintalah anak-anak Anda untuk bergabung dan membantu Anda. Anda bisa mengajak mereka berbelanja dan memilih bahan makanan, merapikan garasi, membantu Anda di dapur, atau mengatur meja makan.

Dengan begini, Anda akan memiliki kesempatan untuk berbicara dengan anak-anak Anda. Selain itu, menyempatkan waktu untuk melakukan tugas rumah tangga bersama juga akan mengajarkan kepada anak tentang keterampilan hidup yang berharga bagi kehidupan mereka.

3. Jadwalkan waktu individu

Dalam seminggu, aturlah agenda untuk menghabiskan waktu berduaan dengan setiap anak Anda. Anda bisa mengajak masing-masing anak Anda untuk melakukan berbagai kegiatan yang sesuai dengan minat mereka.

Jika si sulung suka melukis, ajaklah ia pergi ke galeri seni guna menambah wawasan mereka tentang seni lukisan. Dan, Anda bisa mengajak si bungsu untuk hiking jika mereka suka melakukan aktivitas fisik.

Ketika cara ini dilakukan secara teratur, Anda pun berkesempatan untuk belajar lebih banyak tentang anak-anak Anda dan bisa menikmati percakapan bermakna yang mungkin selama ini Anda lewatkan.

4. Bepergian bersama

Entah itu liburan keluarga ke luar kota atau sekadar mengantarkan anak ke tempat kursus, bepergian bersama akan menyediakan waktu bagi Anda dan anak untuk berbicara selama perjalanan.

Tatkala momen ini berlangsung, ciptakanlah topik pembicaraan yang random namun tetap menarik dan biarkan percakapan mengalir secara alami.

5. Menjadi relawan bersama keluarga

Membantu orang lain dapat mendekatkan Anda dengan anak-anak Anda. Oleh sebab itu, ajaklah mereka untuk menjadi relawan dan terlibat dalam situasi sosial di kala Anda sedang tidak terlalu sibuk.

Sebelum terjun ke dunia kerelawanan bersama anak, Anda dapat memanfaatkan internet untuk mencari agen volunteer lokal yang sekiranya tidak memberatkan anak Anda.

6. Berbagi foto

Walaupun komunikasi tatap muka menjadi hal yang paling penting untuk mempererat hubungan Anda dengan anak, namun berbagi foto masing-masing melalui aplikasi chatting juga patut dipertimbangkan untuk membantu Anda dan anak tetap terhubung ketika berjauhan.

Di sela-sela waktu kerja, Anda bisa menyempatkan untuk mengirim foto selfie, gambar lucu, atau stiker bergerak kepada anak-anak Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendokumentasikan setiap momen keluarga yang tercipta dan memasukkannya ke dalam album yang bisa dilihat sekaligus dibahas bersama anak-anak Anda.

7. Berkomunikasi setiap hari

Kendati Anda bekerja di luar rumah dan hanya bisa melihat anak-anak Anda selama beberapa jam saja setiap harinya, namun bukan berarti Anda tidak bisa menikmati waktu berkualitas bersama mereka.

Waktu berkualitas bersama anak tetap dapat tercipta dengan cara membiasakan diri mengobrol bersama mereka setidaknya 15 menit per hari. Obrolan ini bisa Anda lakukan sesampainya di rumah atau sebelum anak-anak tidur.

Itulah 7 kegiatan untuk quality time bersama anak yang bisa Anda lakukan jikalau Anda adalah sosok orang tua yang sangat sibuk. Kesimpulannya, menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu bersama anak adalah hal yang sangat disarankan guna membangun hubungan positif antara Anda dengan anak sekaligus memberikan anak dasar yang kuat untuk menjadi orang dewasa yang bahagia dan produktif. Jadi, nikmatilah saat-saat yang Anda habiskan bersama anak dan ciptakan kenangan yang akan bertahan sampai kapan pun.

Selanjutnya: Supaya Anak Selalu Respek kepada Anda, Jangan Lewatkan 5 Hal Berikut Ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News