HOME, Keluarga

Supaya Anak Selalu Respek kepada Anda, Jangan Lewatkan 5 Hal Berikut Ini

Supaya Anak Selalu Respek kepada Anda, Jangan Lewatkan 5 Hal Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Respek atau rasa hormat dari anak adalah salah satu hal yang didambakan oleh setiap orang tua. Kendati bisa didapatkan secara otomatis, namun tidak sedikit anak yang memutuskan untuk berhenti menghormati orang tua mereka. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor salah satunya sikap orang tua mereka yang jauh dari kata hormat.

Jika Anda ingin anak-anak Anda bersikap hormat kepada Anda, maka Anda harus menghormati mereka dan menjadi role model yang baik.

Di antara banyaknya cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan respek dari anak, pastikan Anda tidak melewatkan 5 hal di bawah ini.

Baca Juga: 7 Efek Negatif dari Kebiasaan Memukul Anak, Bisa Membuat Anak Tidak Percaya Diri

1. Hormati anak-anak Anda

Jika Anda ingin anak-anak Anda respek kepada Anda, maka Anda juga harus mau menghormati mereka. Sebagai orang tua, Anda harus tahu kapan Anda boleh bersikap tegas dan kapan harus bersikap lembut kepada anak Anda.

Ketika Anda mampu memperlakukan anak-anak dengan baik, maka akan mudah bagi mereka untuk menghormati Anda sebagai orang tuanya.

2. Hormati pasangan Anda

Sangat besar pengaruhnya, hubungan yang baik antara orang tua akan menjadi salah satu fondasi dari keluarga yang harmonis. Ketika anak-anak Anda menyaksikan ibu dan ayah mereka memperlakukan satu sama lain dengan cinta dan penuh hormat, anak pun akan menjadikannya contoh untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Sebaliknya, jika anak-anak lebih sering menyaksikan orang tua mereka saling menjatuhkan, maka Anda tidak bisa terlalu mengharapkan anak akan bersikap respek kepada Anda maupun pasangan.

3. Bersikap konsisten

Anak-anak perlu tahu apa yang orang tua harapkan terhadap mereka. Maka dari itu, konsistensi dari pihak orang tua sangat dibutuhkan untuk mengarahkan langkah anak.

Sementara itu, orang tua yang inkonsisten dapat membuat anak-anak kebingungan dan kehilangan sosok teladan yang seharusnya ada pada diri orang tua mereka.

4.  Luangkan lebih banyak waktu bersama anak

Sesibuk apapun Anda, selalu luangkanlah waktu untuk menghabiskan momen bersama anak-anak Anda.

Ketika sedang bersama, pastikan juga untuk tidak lupa mengajarkan mereka cinta alih-alih aturan yang berbelit. Anak-anak yang terbiasa dengan hubungan antara cinta dan disiplin dapat menerima konsekuensi lebih mudah daripada mereka yang diatur secara eksklusif oleh pasal maupun ayat. Dengan membekali anak Anda cinta setiap saat, respect dari mereka pun akan begitu mudah Anda dapatkan.

5. Hiduplah dengan integritas

Anak-anak adalah pengamat yang ulung. Mereka akan memerhatikan setiap gerak-gerik Anda entah itu positif maupun negatif. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu berperilaku baik kapan pun, di mana pun, dan kepada siapa pun.

Meskipun anak sedang tidak di berada di sekitar Anda, tetaplah untuk berperilaku positif seperti menunjukkan etos kerja yang baik, bersikap ramah dan murah hati kepada sesama, membantu orang lain yang sedang kesulitan, dan berbicara hal yang baik-baik tentang orang lain di belakang Anda.

Dengan begini, anak-anak Anda akan menemukan alasan mengapa Anda patut mendapatkan respek dari mereka.

Moms, itulah 5 hal yang harus Anda terapkan jika ingin senantiasa dihormati oleh anak-anak Anda. Selain kelima hal di atas, selalu ingat juga untuk tetap melakukan hal-hal positif lainnya yang dapat menunjukkan kepada anak bahwa Anda begitu mencintainya. Ketika anak melakukan kesalahan, disiplinkanlah mereka dengan metode yang tepat dan hindari untuk berteriak atau memukul mereka guna mencegah anak menjadi takut serta tidak mau lagi berhubungan dekat dengan Anda.

Selanjutnya: 5 Daftar Makanan dan Minuman yang Buruk bagi Kesehatan Gigi Anak, Apa Saja Ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News