HOME, Santai

Nielsen: Konsumsi dan Waktu Menggunakan Media Digital di Ramadan 2021 Meningkat

Nielsen: Konsumsi dan Waktu Menggunakan Media Digital di Ramadan 2021 Meningkat

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Nielsen Indonesia  mengatakan masa ramadan selalu mendorong kepermisaan televisi khususnya saat sahur, menjelang berbuka dan setelah solat tarawih. Meski begitu, Nielsen juga mencatat adanya penurunan angka TV Rating (TVR) di tahun 2021 dibandingkan dengan masa ramadan sebelum pandemi. Nielsen menyebut, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah konsumsi media digital yang sangat terakelerasi sejak pandemi.

Berdasarkan Survei Nielsen Consumer and Media View di 11 kota besar, ditunjukkan adanya peningkatan konsumsi dan waktu menggunakan media digital selama masa ramadan tahun 2021 dibanding dengan 2019, yang masing-masing naik sebesar 24% dan 35%.

Menurut Nielsen, konsumen mencari sumber hiburan baru di digital selama masa Ramadan, terlihat dari aktivitas yang dilakukan.

"Menonton video dan berbelanja secara online, mendengarkan music dan bermain games adalah aktivitas yang kami catat mengalami peningkatan paling signifikan," tulis Nielsen dalam keterangan tertulis yang dikutip Jumat (25/3).

Baca Juga: Sambut Ramadan, Yuk Hias Interior Rumah dengan Elemen Islami Berikut Ini!

Nielsen juga mencatat adanya hobi-hobi baru yang muncul selama pandemi dan kemungkinan akan tetap bertahan walaupun masa pandemi telah berakhir. Kebiasaan tersebut  seperti memasak dan juga berkebun. Secara perlahan aktivitas berolahraga juga menunjukkan peningkatan di tahun 2021, khususnya yang tipenya perorangan, seperti jogging.

Melihat adanya beberapa perubahan perilaku konsumen mulai dari konsumsi media, kebiasaan dalam berbelanja dan aktivitas olahraga dalam periode ini, Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia Hellen Katherina berpendapat bahwa pemilik merek dapat mengoptimalkan perilaku konsumen ini untuk melakukan strategi pemasaran dengan multimedia dan multiplatform sebagai pendekatan yang lebih efektif untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. "Apalagi di tahun ini Pemerintah tengah melakukan transisi dari pandemi ke endemi,” tambahnya.

Adapun, untuk kebiasaan mudik, Nielsen pun mencatat peningkatan perjalanan luar kota yang dilakukan konsumen selama masa Ramadan 2021 dibandingkan dengan tahun 2020 ataupun 2019. Di tahun 2022, Nielsen memprediksi perjalanan keluar kota semakin meningkat dengan pilihan moda transportasi yang lebih beragam.

Tak hanya dari sisi konsumen, Nielsen juga mengatakan ramadan turut berpengaruh pada kebiasaan beriklan pemilik merek. Dari catatan Nielsen, angka belanja iklan seminggu sebelum masa ramadan meningkat.

Dari kategori produk, ada kategori yang menggunakan momen ramadan sebagai waktu yang tepat untuk beriklan lebih daripada biasanya. Kategori produk seperti produk kosmetik atau detergen pakaian dan bahkan produk cat, menawarkan penampilan baru yang lebih baik kepada konsumen di masa Ramadan. Kategori yang juga tercatat menaikkan belanja iklannya di media televisi dan digital, adalah minuman seperti sirup, mouthwash, obat maag dan juga processed food.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News