HOME, Santai

Ngantuk Setelah Makan? Ini Dia Penyebabnya!

Ngantuk Setelah Makan? Ini Dia Penyebabnya!

MOMSMONEY.ID - Makan merupakan aktivitas wajib yang tak bisa dihindari oleh manusia. Makan pagi, siang, dan malam menjadi rutinitas wajib yang harus dilakukan setiap hari.

Terkadang setelah selesai makan, tubuh akan merasa lebih lelah dan mudah mengantuk. Ternyata ada penjelasan secara biologis mengenai keadaan tersebut.

Merasa mengantuk setelah makan merupakan hal yang kerap dialami oleh banyak orang. Tak peduli pria maupun wanita, mengantuk setelah makan terkadang menjadi aktivitas yang tidak bisa dihindari.

Baca Juga: Pahami Dulu Yuk Etika Tak Tertulis Yang Berhubungan Dengan Uang Ini

Makanan yang mengandung karbohidrat dan protein cenderung akan membuat orang merasa lebih mudah lelah dan mengantuk setelah mengkonsumsinya. Menurut hasil riset, hal tersebut bisa terjadi karena tubuh sedang memproduksi serotonin. 

Makanan yang dicerna oleh tubuh akan diproses pada lambung dan usus. Sehingga hal tersebut akan menarik aliran darah lebih banyak ke saluran pencernaan yang sedang aktif dalam ativitas mencerna makanan.

Dengan distribusi aliran darah tersebut mengakibatkan darah tidak dapat mengalir ke tempat lain dengan sempurna. Termasuk aliran darah pada bagian otak pun juga akan berkurang.

Hal tersebutlah yang membuat munculnya rasa kantuk setelah makan. 

Baca Juga: Ingin Aktivitas Optimal? Yuk, Ketahui Waktu Terbaik bagi Otak Dalam Bekerja

Selain jenis makanan, jumlah atau porsi makanan juga berperan penting yang mempengaruhi rasa kantuk. Energi tentunya akan lebih banyak dibutuhkan untuk mencerna makanan dalam jumlah yang besar.

Kualitas tidur yang buruk pun bisa menjadi salah satu penyebab munculnya rasa kantuk setelah makan. Kurang mendapatkan banyak waktu untuk tidur dan beristirahat bisa membuat tubuh jadi mudah lelah dan mudah merasa mengantuk.

Mengantuk setelah makan merupakan hal yang wajar. Hal ini bisa diminimalisir dengan banyak mengkonsumsi air putih, mendapatkan tidur yang cukup, dan berolahraga secara rutin.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan minum kopi, mengatur makanan yang dikonsumsi, dan juga lebih banyak mengkonsumi makanana berserat seperti sayuran daripada karbohidrat.

Selanjutnya: 4 Judul Film Indonesia Terbaru yang Siap Tayang di Bioskop Bulan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News