Keluarga

Murah Meriah, Begini Cara Membuat Hidroponik Menggunakan Jerigen Bekas

Murah Meriah, Begini Cara Membuat Hidroponik Menggunakan Jerigen Bekas

MOMSMONEY.ID - Memulai membuat hidroponik tak perlu bahan yang mahal. Anda bisa mencoba cara membuat hidroponik menggunakan jerigen bekas. 

Jerigan berguna sebagai bak atau wadah air nutrisi hidroponik. Tak perlu merogoh kocek, Anda bisa membuat hidroponik menggunakan jerigen bekas yang ada di rumah. 

Cara membuat hidroponik menggunakan jerigen bekas cukup mudah. Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan seperti jerigen bekas, penggaris, bor, dan pulpen.  

Mengutip Hidroponikpedia, sistem hidroponik menggunakan jerigen bekas ini hampir sama dengan menggunakan bak air. Namun, untuk kali ini bak airnya diganti dengan jerigen. Selain itu, jumlah lubangnya juga lebih sedikit. 

Untuk selengkapnya, berikut cara membuat hidroponik menggunakan jerigen bekas:

1. Sesuaikan jarak antar titik dengan sayur yang ingin ditanam. Jika menanam kangkung, bayam dan tanaman lain yang tumbuh ke atas, bisa dibuat lebih rapat (sekitar 7-10 cm).

2. Lubangi jerigen sesuai dengan titik yang sudah dibuat dengan bor. Apabila tidak memiliki bor, Anda bisa menggunakan cutter yang dipanaskan terlebih dahulu. 

3. Bersihkan serabut pada garis lubang dan kotoran yang masuk ke dalam jerigen.

4. Isilah jerigen dengan air nutrisi hidroponik setengah dari tinggi jerigen, hal ini bertujuan untuk memberikan ruang oksigen ketika tanaman sudah dipindah. Kepekatan nutrisi yang dipakai adalah 800 ppm.

Baca Juga: Yuk Bertani Sayuran Microgreen, Begini Caranya

5. Letakkan jerigen pada tempat yang cukup sinar matahari, apabila punya beberapa jerigen bisa dijajar menyamping. Anda bisa mewarnai jerigen dengan warna gelap.  Hal tersebut untuk mengurangi tumbuhnya lumut dalam jerigen dan tidak mengurangi kualitas nutrisi hidroponik. 

Setelah kelima cara tersebut, Anda bisa merawat tanaman sayuran dalam jerigen tersebut.

Nah, itulah cara membuat hidroponik menggunakan jerigen bekas. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News