HOME

Muncul Varian Covid-19 XE, Satgas: Tidak Perlu Takut Berlebihan

Muncul Varian Covid-19 XE, Satgas: Tidak Perlu Takut Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Varian baru Covid-19 kembali terdeteksi. Varian yang diidentifikasi sebagai Omicron XE ini ditemukan pertama kali di Inggris. Meski begitu, Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat untuk tidak takut berlebihan terkait varian baru ini.

"Masyarakat diimbau untuk tidak perlu takut berlebih karena rekombinasi virus bukan merupakan hal baru dan sudah banyak terjadi termasuk pada virus selain Covid-19," ujar Wiku.

Menurut Wiku, ketakutan yang berlebihan akan berpengaruh pada imunitas tubuh menghadapi berbagai ancaman penularan penyakit di sekitar masyarakat.

Baca Juga: Catat, Ini Area Rumah yang Wajib Dibersihkan Selama Ramadan

Adapun, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa varian Covid-19 ini merupakan gabungan atau rekombinan dari 2 varian Omicron yang sudah ada sebelumnya, yakni BA.1 dan BA.2. Berdasarkan data awal, kemampuan penularan Omicron XE ini sekitar 10% lebih tinggi dari Omicron BA.2.

Walaupun begitu, WHO menekankan bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut terkait temuan awal ini.

Wiku juga memastikan bahwa varian Covid-19 terbaru ini belum ditemukan di Indonesia. Dia juga mengatakan pemerintah selalu memantau dan menggunakan data terkini dalam berbagai penyesuaian kebijakan.

"Sejauh ini menurut Kementerian Kesehatan, varian yang pertama kali ditemukan di inggris ini belum ditemukan di Indonesia. Untuk itu pemerintah selalu memantau dan menggunakan data terkini dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam berbagai penyesuaian kebijakan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News