HOME, Keluarga

Catat, Ini Area Rumah yang Wajib Dibersihkan Selama Ramadan

Catat, Ini Area Rumah yang Wajib Dibersihkan Selama Ramadan

MOMSMONEY.ID - Saat berpuasa di bulan Ramadan, bersih-bersih rumah merupakan kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan.

Jika kita tidak rajin membersihkan rumah, tentu rumah akan mudah kotor dan mengusik kenyamanan saat berpuasa di rumah, sehingga ibadah lainnya akan ikut terganggu.

Supaya tidak mudah lelah, Anda tak harus membersihkan seluruh bagian rumah. Fokuslah pada beberapa area tertentu, terutama area rumah yang banyak digunakan saat Ramadan.

Nah, kira-kira apa saja area rumah yang sebaiknya dibersihkan secara rutin selama bulan Ramadan? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Ibadah Ramadan Makin Khusyuk, Berikut 4 Tips Menata Mushola di Rumah

Mushola

Selain sholat wajib, ibadah lainnya seperti sholat sunnah, mengaji, hingga berdzikir kerap menjadi kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadan.

Oleh karena itu, mushola di rumah biasanya akan lebih sering digunakan di bulan Ramadan sehingga kebersihan dan kesuciannya harus lebih diperhatikan.

Melansir laman Cleanipedia, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan mushola, seperti menyedot debu dan mencuci karpet mushola, menyapu dan mengepel lantai, mengganti perlengkapan sholat (sajadah, mukena, sarung) secara rutin, hingga mengganti keset atau pembatas area suci jika ada.

Dapur

Ramadan identik dengan makan sahur dan berbuka, sehingga peran dapur di bulan suci ini cukup penting. Dengan dapur yang bersih dan rapi, persiapan untuk memasak menu sahur dan berbuka akan lebih ringan.

Dikutip dari laman Productive Muslim, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyingkirkan benda-benda atau bahan makanan yang sudah tidak terpakai di dapur. Lalu, barulah bersihkan dapur secara menyeluruh, mulai dari meja, dinding, kabinet, lantai dapur, hingga seluruh kitchen appliances yang Anda miliki.

Supaya tidak mudah lelah, cobalah untuk membersihkan dapur sambil memasak untuk sahur dan berbuka. Hal ini akan menghindarkan Anda dari keadaan dapur yang berantakan setelah selesai memasak.

Baca Juga: Coba Yuk! Ini Cara Mudah Melakukan Decluttering di Dapur

Ruang makan

Selanjutnya, Anda juga perlu membersihkan ruang makan dengan lebih teliti saat Ramadan. Sebab, area ini akan rutin digunakan untuk menghidangkan makanan sahur dan berbuka.

Untuk membersihkan ruang makan, cukup bersihkan seperti biasa. Sapu dan pel lantai ruang makan, lalu lap permukaan meja makan sehingga bersih dan terbebas dari sisa tumpahan makanan.

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Kebersihan Rumah di Bulan Ramadan, Tak Bikin Capek

Ruang tamu

Mungkin Anda tidak terpikir untuk berfokus pada ruang tamu saat Ramadan. Namun, kenyataannya, saat Ramadan Anda bisa saja kedatangan tamu, baik sekadar berkunjung atau untuk berbuka puasa bersama.

Selain itu, membersihkan ruang tamu saat Ramadan akan meringankan pekerjaan Anda saat menyiapkan rumah untuk menyambut Lebaran. Jadi, Anda tak perlu bekerja lebih ekstra untuk membersihkan ruangan ini.

Sama seperti ruang makan, membersihkan ruang tamu sebenarnya sederhana saja. Cukup sapu dan pel lantainya seperti biasa, lalu ganti sarung bantal sofa, lap furnitur, hingga sedot debu dari karpet dan sofa dengan vacuum cleaner.

Itulah beberapa area yang perlu dibersihkan secara rutin saat Ramadan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News