HOME, Keluarga

Mudah, Ini 4 Cara Alami Menghilangkan Dark Circles di Bawah Mata

Mudah, Ini 4 Cara Alami Menghilangkan Dark Circles di Bawah Mata

MOMSMONEY.ID - Dark circles atau mata panda kerap dikeluhkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, keberadaan dark circles dapat membuat wajah terlihat lelah dan tidak bergairah sepanjang hari.

Mengutip Alodokter, kemunculan dark circles di bawah mata bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang tidur, pertambahan usia, screen time terlalu lama, genetik, dehidrasi, kebiasaan merokok dan minum alkohol, paparan sinar matahari, serta alergi.

Ada banyak cara menghilangkan dark circles yang bisa Anda coba, salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain lebih aman, menghilangkan dark circles menggunakan bahan alami juga cenderung mudah dan murah.

Inilah 4 cara alami menghilangkan dark circles di bawah mata sebagaimana dilansir dari PharmEasy.

1. Kompres dengan kantong teh celup dingin

Teh celup

Cara pertama untuk menghilangkan dark circles secara alami adalah mengompresnya dengan kantong teh celup yang sudah didinginkan. Mengapa cara ini efektif? Karena, residu kafein dan kandungan antioksidan dalam teh celup mampu membantu menstimulasi sirkulasi darah di kulit bagian bawah mata.

Baca Juga: Bisa Kurangi Risiko Stroke, Ini 5 Manfaat Memelihara Hewan bagi Orang Dewasa

Caranya, rendam kantong teh celup dalam air kemudian dinginkan di lemari es. Setelah dingin, keluarkan kantong teh celup dari lemari es dan letakkan dengan lembut di atas kedua kelopak mata Anda yang tertutup selama 10-15 menit. Untuk hasil yang lebih cepat, Anda bisa melakukan perawatan ini secara teratur menggunakan teh hijau atau teh chamomile celup.

2. Pakai tomat

Tomat

Tomat merupakan bahan pemutih alami. Tomat mampu mengurangi perubahan warna di sekitar mata termasuk dark circles berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Campurkan 1 sendok teh jus tomat dengan 1 sendok teh jus lemon lalu oleskan di area mata yang terdapat dark circles. Biarkan selama sekitar 10 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa memanfaatkan tomat dengan cara meminumnya dalam bentuk jus yang dicampur dengan lemon serta daun mint guna membantu menghilangkan dark circles.

3. Campurkan almond oil dengan jus lemon

Jus lemon

Cara menghilangkan dark circles secara alami selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu mengoleskan campuran almond oil dengan jus lemon. Komponen aktif dalam jus lemon bernama asam askorbat dapat membantu mengurangi retensi air penyebab dark circles dan bengkak di sekitar mata.

Lemon juga dapat bertindak sebagai pemutih yang ringan. Namun, jika lemon digunakan secara murni atau tanpa campuran, itu justru akan memberikan efek sebaliknya dan menyebabkan kerusakan pada kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu mencampurnya dengan bahan yang tepat, salah satunya almond oil.

Campurkan 1 sendok teh almond oil dengan beberapa tetes jus lemon. Kemudian, oleskan campuran tersebut secara lembut di area dark circles. Pijat-pijat dan diamkan selama 2-3 menit sebelum dibilas.

4. Oleskan susu dingin

Susu

Susu dapat menjadi pembersih alami untuk mata sekaligus mampu membantu menenangkan kulit sensitif di sekitar mata. Susu mengandung asam laktat yang tidak hanya bisa mengurangi bengkak di area mata, tetapi juga bisa mencerahkan kulit yang dihinggapi dark circles.

Adapun kandungan potassium dalam susu memungkinkan kulit tetap lembab, lebih lembut dan terasa kenyal.

Pertama-tama, dinginkan susu murni di dalam lemari es. Setelah dingin, keluarkan susu dan celupkan kapas ke dalamnya. Oleskan kapas yang sudah dibasahi dengan susu dingin ke area mata Anda yang memiliki dark circles.

Diamkan beberapa saat hingga cairan susu menyerap ke dalam kulit. Terakhir, bilas mata Anda menggunakan air dingin. Pastikan untuk mengulangi perawatan ini setidaknya 3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News