HOME, Keluarga

Bisa Kurangi Risiko Stroke, Ini 5 Manfaat Memelihara Hewan bagi Orang Dewasa

Bisa Kurangi Risiko Stroke, Ini 5 Manfaat Memelihara Hewan bagi Orang Dewasa

MOMSMONEY.ID - Memiliki hewan peliharaan ternyata lebih dari sekadar tren belaka. Faktanya, kehadiran hewan peliharaan menyimpan beragam manfaat positif yang bisa sangat berdampak dalam kehidupan seseorang.

Memiliki hewan peliharaan tidak hanya mampu mengajarkan arti tanggung jawab, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental secara signifikan.

Melansir Everyday Health dan Corinth Animal Hospital, inilah 5 manfaat memiliki hewan peliharaan khususnya bagi orang dewasa:

1. Membantu meningkatkan kesehatan mental

Hewan peliharaan mampu menumbuhkan hubungan sosial dan emosional yang secara positif dapat memengaruhi suasana hati dan kesehatan mental keseluruhan. Hewan peliharaan bisa menjadi sumber dukungan bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan mental.

Satu ulasan besar yang diterbitkan pada Februari 2018 di BMC Psychiatry menunjukkan bahwa orang-orang dengan kondisi kesehatan mental yang memiliki hewan peliharaan cenderung mengalami peningkatan stabilitas emosional serta peningkatan rasa makna dan tujuan.

Baca Juga: Dijamin Mulus, Ini 5 Tips Memakai Foundation untuk Kulit Kering

2. Mencegah kesepian

Memiliki hewan peliharaan dapat membantu mencegah atau mengatasi kesepian terutama bagi orang-orang yang tinggal sendirian.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Desember 2021 di PLoS One mengungkapkan bahwa para pemilik anjing merasa mendapatkan lebih banyak dukungan sosial dan lebih sedikit kesepian berkat kehadiran hewan peliharaan mereka. Mereka juga mengalami lebih sedikit gejala depresi daripada kelompok yang tidak memiliki anjing.

Menurut laporan pada tahun 2019 oleh Human Animal Bond Research Institute and Mars Petcare, sekitar 80% pemilik hewan peliharaan mengatakan bahwa hewan peliharaan mereka mampu membuat mereka merasa tidak terlalu kesepian.

3. Menurunkan tekanan darah

Memiliki hewan peliharaan telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung. Satu studi yang meneliti kepemilikan hewan peliharaan dan reaktivitas kardiovaskular menemukan bahwa orang-orang yang memelihara hewan memiliki detak jantung serta tekanan darah yang lebih rendah.

Pemilik hewan peliharaan juga mengalami peningkatan yang lebih kecil pada detak jantung dan tekanan darah selama periode stres. Dan, peningkatan tersebut cenderung lebih cepat untuk kembali normal, menurut peneliti yang menganalisis pemilik anjing dan kucing.

Studi lainnya yang diterbitkan dalam Hypertension pada April 2018 menunjukkan bahwa kepemilikan hewan peliharaan dikaitkan dengan respons tekanan darah yang lebih rendah terhadap stres mental.

4. Mengurangi risiko stroke

Sebuah studi dari American Stroke Association menemukan bahwa para pemilik hewan peliharaan khususnya kucing memiliki kemungkinan 30% lebih kecil untuk terkena stroke.

Dalam studi tersebut, sebanyak setengah peserta dari jumlah keseluruhan peserta yang mencapai 4.435 orang cenderung tidak terkena stroke. Adapun setengah peserta tersebut memiliki kucing.

5. Meningkatkan hormon bahagia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat hormonal bagi orang yang memiliki hewan peliharaan. Salah satunya diterbitkan pada Oktober 2017 di Frontiers in Psychology dan menemukan bahwa memelihara anjing dikaitkan dengan tingkat hormon oksitosin yang lebih tinggi serta tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah.

Studi lainnya menunjukkan bahwa peserta yang dipasangkan dengan anjing baru cenderung mengalami penurunan kadar kortisol selama tes stres.

Dengan membelai hewan peliharaan khususnya yang berbulu, itu terbukti mampu meningkatkan produksi oksitosin dan endorfin yang pada gilirannya akan membantu mengurangi perasaan stres, kecemasan, depresi, kesepian, dan isolasi sosial.

Itulah 5 manfaat memiliki hewan peliharaan bagi orang dewasa. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mulai memelihara seekor anjing atau kucing di rumah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News