Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah 3 Penyebab Anak Mengalami Alergi Udara

Moms Wajib Tahu! Inilah 3 Penyebab Anak Mengalami Alergi Udara

MOMSMONEY.ID - Daya tahan tubuh anak yang masih terbilang lemah membuatnya rentan terserang penyakit, salah satunya adalah alergi udara.

Kondisi ini merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap rangsangan pemicu alergi, dalam hal ini adalah udara yang kotor. 

Selain itu, seperti dilansir dari Kids Health, ada beberapa faktor lainnya yang dapat menjadi penyebab alergi udara pada anak yang perlu diektahui orang tua, antara lain: 

Baca Juga: Penyakit Kusta: Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Alergen dari hewan

Alergen yang berasal dari hewan peliharaan seperti kucing dan anjing juga dapat menjadi pemicu alergi udara. Sebab, protein yang ada pada serpihan kulit, air liur, dan urine hewan peliharaan dapat memicu gejala alergi.

Hal ini dapat terjadi meski seseorang tidak memiliki hewan peliharaan di rumah mereka. Masalah alergi ini terjadi ketika mengunjungi rumah orang lain yang memiliki hewan peliharaan, atau lingkungan yang sering dikunjungi hewan peliharaan. 

Alergi udara dingin

Alergi terhadap udara dingin umumnya disebut sebagai kondisi cold urticaria. Kondisi ini ditandai dengan reaksi kulit terhadap udara dingin yang muncul dalam beberapa menit setelah paparan.

Seseorang yang mengalami alergi dingin biasanya akan merasakan gatal-gatal. Bahkan, pada kasus yang parah, seseorang yang memiliki alergi ini juga dapat mengalami tekanan darah rendah, hingga pingsan, apabila berenang di air dingin.

Baca Juga: Ketahui Sederet Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Sistem kekebalan anak yang belum optimal 

Mengutip dari salah satu media daring nasional, dokter spesialis anak Lucia Nauli Simbolon dari Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, menjelaskan kejadian alergi bayi pada anak memang cukup sering terjadi.

Menurutnya alergi udara pada bayi juga dapat disebabkan oleh sistem kekebalan bayi yang belum optimal. Itulah sebabnya, meski mungkin orang tuanya tidak memiliki riwayat alergi tertentu, anak masih kemungkinan alami alergi.

Itulah beberapa penyebab alergi udara pada anak. Mulai dari sistem kekebalan anak yang belum optimal, alergen yang berasal dari hewan, hingga alergi terhadap udara dingin.

Hingga saat ini, belum ada obat yang secara efektif dapat menyembuhkan alergi. Meski begitu, gejalanya dapat diredakan dengan obat tertentu.

Selain itu, alergi juga dapat dicegah dengan cara menghindari kontak atau paparan dengan alergen. Karena itu, penting untuk melakukan tes alergen pada anak sedari dini, guna mengetahui kemungkinan alergi yang dimilikinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News