Bugar

Ketahui Sederet Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Sederet Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kapur sirih atau yang memiliki nama industri kalsium hidroksida merupakan senyawa yang dibuat melalui campuran kalsium oksida dengan air.

Hasil pencampuran dua zat tersebut menghasilkan serbuk putih atau senyawa kristal yang tidak berbau dan bersifat basa kuat.

Khasiat kapur sirih ternyata sudah dikenal sejak dahulu untuk pengolahan limbah, produksi kertas dan konstruksi bangunan, serta pembuatan makanan.

Tak berhenti di situ, kapur sirih juga memiliki kegunaan medis sebagai bahan untuk perawatan gigi. Dilansir dari Healthline, berikut berbagai manfaat kapur sirih, antara lain: 

 Baca Juga: 5 Tanaman Herbal yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Cacar Air

Menghilangkan kuman gigi

Studi mengungkap bahwa kapur sirih bersifat antimikrobial yang dapat menghancurkan bakteri penyebab kerusakan membran serta DNA gigi.

Adanya fungsi ini membuat kapur sirih sering digunakan sebagai pengisi saluran akar gigi untuk membunuh bakteri yang masih bersarang di sana setelah gigi Anda dirawat oleh dokter gigi.

Meluruskan rambut

Kandungan alkaline yang tinggi membuat kapur sirih banyak digunakan dalam shampo atau krim rambut sebagai hair relaxer.

Hair relaxer adalah cairan yang berfungsi meluruskan rambut keriting tanpa mengakibatkan kerusakan pada kulit kepala.

Kalsium hidroksida memang mampu memecah ikatan sidulfide, yang merupakan ikatan yang menyatukan asam amino bernama cysteines alias kandungan pada rambut yang membuatnya keriting secara alami.

Campuran produk makanan

Banyak orang menggunakan kapur sirih untuk membuat makanan jadi lebih renyah. Beberapa makanan yang menggunakan kapur sirih di antaranya acar, tepung jagung, gula, jus buah. 

Penggunaan kapur sirih bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan bau badan. Itu karena kapur sirih memiliki daya adsorpsi yang bisa mengusir bau badan dan menyerap keringat.

Hal ini membuatnya berpotensi dikembangkan menjadi deodoran alternatif. Itulah beberapa manfaat kapur sirih untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News