Bugar

Moms Wajib Tahu, Ini Tanda-Tanda Akan Memiliki Anak Kembar

Moms Wajib Tahu, Ini Tanda-Tanda Akan Memiliki Anak Kembar

MOMSMONEY.ID - Memiliki anak kembar bisa menjadi impian sebagian pasangan. Hamil anak kembar sebenarnya dapat diketahui secara pasti melalui pemeriksaan USG. 

Meski demikian, ada beberapa tanda yang bisa dilihat untuk memperkirakan apakah Anda sedang mengalami kehamilan kembar. 

Hamil anak kembar lebih umum terjadi pada wanita berusia 30–40 tahun. Alasannya adalah karena pada rentang usia ini, wanita berpeluang untuk melepas lebih dari 1 sel telur ketika ovulasi.

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Kesehatan Sperma agar Kualitasnya Tetap Tokcer

Ada beberapa hal yang menjadi tanda hamil anak kembar. Dilansir dari Pregnant Education, dibanding wanita yang sedang hamil tunggal, wanita hamil kembar biasanya memiliki tanda berikut:

1. Memiliki ukuran perut yang lebih besar. Ukuran perut ini sudah dapat terlihat sejak awal kehamilan

2.  mual dan muntah (morning sickness) yang lebih parah

3. Mengalami kenaikan berat badan yang lebih banyak

4. Merasa lebih lelah

5. Merasakan sakit punggung yang muncul lebih awal dan rasanya lebih menyakitkan

6. Merasakan gerakan janin secara lebih dini, yakni pada trimester kedua.

Pada pemeriksaan laboratorium, kadar hormon hCG wanita yang hamil anak kembar akan lebih tinggi daripada yang sedang hamil tunggal.

Hormon hCG adalah hormon yang diproduksi selama kehamilan. Meski begitu, peningkatan hormon hCG ini tidak mutlak menandakan kehamilan kembar.

Hal-hal di atas memang bisa menjadi tanda hamil anak kembar. Namun, untuk jawaban yang lebih pasti, Anda tetap perlu melakukan USG saat usia kehamilan menginjak 10–14 minggu.

Baca Juga: Apa Itu Kehamilan Ektopik? Ini Penjelasan Lengkpanya

Penting bagi Anda untuk segera mengetahui apakah Anda hamil anak kembar atau hamil tunggal. Semua kehamilan memang harus dijaga dengan baik, namun ibu hamil anak kembar akan membutuhkan perhatian ekstra.

Pada kasus tertentu, kehamilan kembar juga bisa berisiko menyebabkan gangguan otot perut pada ibu hamil atau diactesis recti. Pastikan Anda mendapatkan nutrisi dan cairan yang cukup ketika hamil anak kembar.

Rutinlah berkonsultasi ke dokter kandungan sesuai jadwal dan melakukan pemeriksaan kehamilan untuk memastikan bahwa kondisi Anda dan janin sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News