Bugar

Moms Wajib Tahu, Ini Manfaat Susu Soya untuk Anak

Moms Wajib Tahu, Ini Manfaat Susu Soya untuk Anak

MOMSMONEY.ID - Seperti namanya, susu soya adalah susu yang dibuat dari soya atau kacang kedelai yang digiling dan direbus. Susu soya murni bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dan bisa membawa banyak manfaat.

Sejumlah penelitian menyatakan, anak yang mengonsumsi susu soya memiliki laju pertumbuhan yang normal, misalnya, pada tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala, layaknya anak yang mengonsumsi susu sapi formula.

Dilansir dari Mayo Clinic, ada juga beberapa manfaat susu soya lainnya yang bisa Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah Manfaat Nutrisi Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Mengatasi masalah intoleransi laktosa

Mengatasi masalah alergi laktosa merupakan manfaat susu soya yang utama. Ibu tidak perlu bingung jika anak mengidap alergi susu sapi, karena ibu dapat memberikannya 1-2 gelas susu soya per hari untuk mencukupi 30% kebutuhan protein harian anak.

Mengurangi kadar lemak jahat

Susu soya mengandung lemak tak jenuh, yang jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi kadar lemak jahat dan meningkatkan kadar lemak baik dalam darah secara signifikan.

Baik untuk saluran pencernaan

Susu soya mengandung tinggi serat yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Kandungannya bekerja dengan mengurangi kandungan lemak dan kolesterol yang diserap oleh tubuh.

Baik untuk pertumbuhan anak

Asam amino dalam susu soya sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika tubuh kekurangan asam amino, maka metabolisme yang tubuh yang berhubungan dengan proses pertumbuhan akan terhambat.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Inilah 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Payudara

Pengganti susu sapi

Susu soya dapat dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi atau minuman pendamping ASI. Manfaat susu soya juga dapat dirasakan oleh anak pengidap autisme.

Kandungan protein susu sapi yang dikonsumsi anak pengidap autisme akan menyebabkan pengidapnya menjadi lebih hiperaktif. Oleh sebab itu, susu sapi dapat diganti dengan susu soya.

Tidak masalah jenis susu apa pun yang bunda berikan, yang paling penting adalah terpenuhinya kebutuhan nutrisi si kecil.

Untuk mengetahui apakah kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi, si kecil perlu diperiksakan secara rutin ke dokter.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis asupan nutrisi yang terbaik bagi si kecil, sesuai kebutuhan dan kondisi kesehatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News