Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

MOMSMONEY.ID - Hidung tersumbat pada bayi bisa membuat orang tua merasa panik. Sebab, kondisi ini membuat bayi menjadi lebih rewel dan kesulitan untuk bernapas dengan nyaman.

Karena belum bisa menyampaikan apa yang dirasakan dengan benar, hal membuat bayi hanya bisa menangis tanpa henti serta membuat ayah dan ibu kebingungan, bahkan semakin panik. 

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bertujuan untuk mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasannya agar bayi tidak rewel. 

Dilansir dari Kids Health, berikut adalah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

Baca Juga: Sinusitis Pada Anak Sangat Menggangu, Kenali Cara Mengatasinya

Menyemprotkan salin

Salin adalah air larutan garam. Anda bisa membeli produk ini di apotek atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan 1 cangkir air suam-suam kuku dan ¼ sendok teh garam.

Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari, Anda dapat menyemprotkan atau meneteskan salin sebanyak 3–4 tetes pada masing-masing lubang hidung bayi.

Menggendong bayi dalam posisi tegak

Bayi akan sulit bernapas dan menjadi rewel jika tidur dalam posisi telantang ketika mengalami hidung tersumbat. Untuk membuatnya bernapas lebih lega, gendonglah bayi dalam posisi tegak sambil perlahan menidurkannya kembali.

Memandikan bayi dengan air hangat

Sebelum bayi tidur, cobalah mandikan ia dengan air hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat dapat mengencerkan lendir sehingga meredakan hidung tersumbat.

Selain memandikan bayi, Anda juga dapat menggunakan baskom berisi air hangat sebagai cara meredakan hidung tersumbat pada bayi di malam hari.

Taruhlah baskom tersebut di dekat kaki Anda, lalu dudukkan bayi di pangkuan Anda agar ia lebih mudah menghirup uap yang keluar dari baskom.

Baca Juga: Hidung Tersumbat Tak Kunjung Sembuh? Ini Salah Satu Gejala Polip Hidung

Terapi uap 

Terapi ini dilakukan untuk membantu memudahkan pernapasan bayi. Terapi uap dilakukan dengan menaruh air hangat di dalam baskom.

Kemudian bantu bayi untuk menghirup uap yang dikeluarkan air di baskom. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan humidifier untuk melembapkan udara sehingga bayi bisa mudah bernapas.

Memijat bayi

Memijat area pangkal hidung, dahi, pelipis, dan tulang pipi untuk membantunya bernapas lebih nyaman dan meredakan rewel dan membuatnya tidur nyenyak. Hindari mengoleskan balsam pelega hidung tersumbat ke dada bayi.

Ini merupakan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang tidak boleh dilakukan pada anak berusia di bawah 2 tahun.

Anda juga sebaiknya memeriksakan bayi ke dokter jika ia mengalami hidung tersumbat yang disertai dengan demam, lesu, dan batuk yang tidak kunjung reda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News